Daftar Fitur Baru di iOS 17.5, iPhone Makin Mirip Android
Seri iPhone 15 (apple.com)
14:56
15 Mei 2024

Daftar Fitur Baru di iOS 17.5, iPhone Makin Mirip Android

Apple baru saja meluncurkan update iOS 17.5 kepada pengguna iPhone. Menariknya, sistem operasi baru ini membawa fitur yang mirip seperti HP Android

Salah satu fitur baru yang ada di iOS 17.5 adalah sideloading. Ini adalah fitur yang memungkinkan Apple bisa mengunduh aplikasi dari browser. 

Selama ini iPhone hanya diizinkan untuk download aplikasi lewat toko aplikasi App Store. Berbeda dengan Android Google yang memiliki ekosistem terbuka. 

Berikut fitur baru di iOS 17.5 sebagaimana dilansir dari Macrumors, Rabu (15/5/2024). 

Sideloading

Seperti disebutkan sebelumnya, Apple kini mengizinkan iPhone untuk mengunduh aplikasi di luar App Store seperti browser. Kini pengembang aplikasi diperbolehkan untuk menyediakan link khusus ke pengguna iPhone untuk mengunduh aplikasinya. 

Kendati begitu semua aplikasi yang disediakan harus melewati proses seleksi Apple. Pengembang aplikasi juga harus menjadi anggota Program Pengembang Apple selama dua tahun berturut-turut atau lebih 

Syarat lainnya, mereka harus memiliki lebih dari satu juta download pertama di iOS pada tahun sebelumnya agar dapat menawarkan aplikasi untuk diunduh di luar App Store. 

Perlu dicatat kalau kebijakan sideloading ini hanya tersedia untuk pengguna iPhone di Eropa. Apple juga memastikan fiturnya akan diperluas ke perangkat tablet alias iPad. 

Apple News+

Apple News+ kini menyediakan mode offline. Jadi pengguna tak perlu lagi khawatir apabila tidak ada jaringan seluler atau Wi-Fi untuk update berita. 

Aplikasi ini juga menyediakan permainan baru yang disebut Quartiles. Game ini hanya bisa dimainkan oleh pelanggan Apple News+.

Sistem pelacak

Apple kini mendukung sistem pelacak dari pihak ketiga. Fitur ini adalah hasil kerja sama Google dan Apple yang dilakukan sejak tahun lalu. 

Jadi iPhone kalian bisa mendeteksi apakah ada pelacak lain yang ada di dekat kalian. Sebelumnya fitur ini hanya bekerja di AirTag, pelacak resmi buatan Apple.

Opsi perbaikan

Fitur penting di iOS 17.5 lainnya yaitu opsi perbaikan baru. Kini pengguna bisa tetap menyalakan Find My, yang berarti HP tetap terlacak meski sedang diperbaiki. 

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #daftar #fitur #baru #iphone #makin #mirip #android

KOMENTAR