Penyebab Ban Mobil Makan Sebelah, Kalau Nggak Segera Ditangani Masalahnya Bisa Bikin Pusing
Ilustrasi: Ban mobil makan sebelah. (Lifepal).
08:20
14 Mei 2024

Penyebab Ban Mobil Makan Sebelah, Kalau Nggak Segera Ditangani Masalahnya Bisa Bikin Pusing

  Ban mobil yang sering digunakan akan mengalami gesekan terus menerus dengan permukaan jalan. Itulah mengapa ban akan menjadi aus dan terkikis habis hingga botak akibat gesekan terhadap jalan yang tidak selalu mulus.   Namun, terdapat masalah berupa ban yang hanya terkikis habis pada satu sisi saja. Dalam bahasa mekanik, masalah ini disebut sebagai 'ban makan sebelah'. Ban habis sebelah menjadi masalah yang kerap dialami oleh pengguna kendaraan roda empat.   Anda tentu harus segera menyelidiki penyebab ban aus hanya pada satu sisi saja, karena kondisi tersebut akan mengurangi kenyamanan berkendara. Juga, ban makan sebelah ini bisa jadi tanda kerusakan komponen lainnya yang apabila tidak segera ditangani, bisa bikin pusing dan merembet kemana-mana.  

  Dilansir dari laman resmi Suzuki, salah satu sebab ban makan sebelah adalah kelebihan muatan pada satu sisi. Kebiasaan ini dapat menjadi penyebab habisnya ban mobil sebelah, mengakibatkan ketidakseimbangan beban yang dapat merugikan keseimbangan dan kinerja kendaraan.    Dampaknya, tidak hanya dapat mempercepat keausan ban, tetapi juga meningkatkan risiko kecelakaan karena kendali yang kurang stabil, menjadikan pentingnya pemeliharaan yang teratur dan perhatian terhadap distribusi muatan pada kendaraan.   Selain itu, kelebihan muatan pada satu sisi juga dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar dan merugikan efisiensi kendaraan, menjelaskan perlunya kesadaran terhadap pembagian beban yang merata untuk menjaga kesehatan dan kinerja optimal ban mobil.  

  Selain itu, ban makan sebelah bisa jadi karena kondisi kaki-kaki mobil tidak spoor alias tidak lurus. Mengsong, miring, templang, atau apapun itu bahasanya.   Ban yang sudut kemiringannya diatur dengan benar dan lurus, maka permukaan ban tersebut akan menyentuh dan menapak medan jalan secara rata.  Akan tetapi, ketika sudut kemiringan ban diatur kurang teliti dan ban menjadi tidak lurus, maka dampaknya permukaan ban tidak akan menyentuh dan menapak medan jalan secara rata dan sempurna lagi.   Kemudian, apabila hal tersebut terjadi pada ban Anda, maka yang akan didapat adalah kondisi ban mobil Anda jadi habis sebelah. Lebih jelasnya, ban yang sudutnya tidak rata lantas membuat sebagian permukaan ban lebih condong mengarah keluar.  

  Lalu, permukaan ban tersebut pun akan menjadi bagian yang bergesekan dan tergerus oleh aspal lebih awal daripada area ban yang lain. Hal itu menjadi jawaban mengapa terdapat sisi ban yang aus atau botak terlebih dahulu daripada sisi ban yang lain.   Mengapa sudut kemiringan pada ban bisa tidak lurus? Kuncinya ada pada tahap spooring, yang pelaksanaannya kurang teliti sehingga hasilnya tidak memenuhi standar. Adapun spooring adalah proses untuk mengatur toe in serta toe out sesuai standar mobil.   Kalau mobil sudah tidak bisa di spooring, itu tadi, berarti ada kerusakan pada komponen kaki-kaki lainnya yang harus segera ditangani.  

  Ban kempes juga bisa bikin tapak ban makan sebelah. Sebab, ban kendaraan harus menerima tekanan angin yang sesuai dengan pedomannya agar performa ketika digunakan berkendara pun terjamin.   Setiap ban mobil memiliki ukuran untuk tekanan angin sesuai jenisnya, jadi tidak sama untuk setiap ban. Itulah mengapa, Anda perlu mematuhi pedoman ban yang Anda gunakan agar tekanan angin sesuai standarnya.    Namun, bila ban menerima tekanan angin yang kurang sesuai pedoman, yang akan terjadi salah satunya adalah ban jadi habis sebelah. Maka dari itu, pastikan tekanan angin pas sesuai standarnya. Jika tekanan angin terlalu sedikit, sisi luar ban akan menjadi cepat aus. Sebaliknya, saat ban memiliki tekanan angin terlalu tinggi, sisi tengah ban yang akan aus dan habis lebih dulu.  

  Lalu, hati-hati saat Anda melakukan pengisian angin ban di bengkel. Jangan sampai terlalu tinggi juga, sebab dapat memicu putaran panas cukup tinggi di area dalam ban. Tekanan dalam ban pun akan bertambah, lalu berisiko membuat lapisan ban pecah.    Satu lagi penyebab ban mobil habis sebelah yang perlu Anda perhatikan, yakni pengaturan suspensi yang kurang tepat. Hal tersebut akan menyebabkan sudut tegak lurus ban dengan tanah berakhir tidak tepat.   Kondisi tersebut kemudian membuat salah satu sisi ban tidak menapak ke permukaan jalan dengan sempurna. Dampak yang akan terjadi kemudian adalah salah satu sisi ban lebih cepat habis atau aus.  

  Tidak hanya berdampak pada kondisi ban yang salah satu sisinya menjadi lebih cepat habis, suspensi yang pengaturannya tidak lurus pun akan mempengaruhi area camber.    Lebih tepatnya, ketika sisi bawah pada ban condong dan miring ke luar, akan membentuk camber menjadi negatif lalu mengikis ban dalam lebih cepat. Kebalikannya, apabila sisi bawah suatu ban condong ke dalam, camber menjadi positif lalu membuat sisi luar suatu ban habis lebih dulu.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #penyebab #mobil #makan #sebelah #kalau #nggak #segera #ditangani #masalahnya #bisa #bikin #pusing

KOMENTAR