5 Alternatif Terbaik ChatGPT
ilustrasi ChatGPT. (Unsplash/Mojahid Mottakin)
12:48
10 Mei 2024

5 Alternatif Terbaik ChatGPT

Pada awalnya, tidak banyak alternatif ChatGPT yang tersedia. Namun sejak ChatGPT menjadi semakin populer, beberapa perusahaan telah mengembangkan produk konsumen dengan tingkatan gratis dan berbayar.

Jika pengguna mencari alternatif terbaik untuk ChatGPT, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa digunakan:

1. Microsoft Copilot

Microsoft Copilot telah berkembang pesat sejak iterasi chatbot pertamanya dirilis pada awal 2023.

Microsoft Copilot adalah salah satu pesaing komersial pertama ChatGPT ketika merek tersebut memperkenalkan Bing AI Chat sebagai integrasi ke dalam mesin pencari Bing dan browser Edge.

Sejak itu, perusahaan telah mengganti nama chatbotnya menjadi Microsoft Copilot di browsernya dan juga mengintegrasikan fungsinya di beberapa layanan, antara lain termasuk rangkaian produktivitas Microsoft 365, Microsoft Designer, dan sistem operasi Windows.

Copilot didukung oleh model bahasa besar (LLM) GPT-4 OpenAI dan model pembuatan gambar DALL-E karena investasi Microsoft di perusahaan tersebut.

Perusahaan menyertakan perpaduan teknologi miliknya sendiri dalam chatbot, yang membedakan hasilnya dari ChatGPT. Beberapa orang menganggap hasil teksnya lebih kuat karena lebih terhubung langsung ke internet, namun mengklaim bahwa OpenAI menghasilkan gambar yang lebih kuat secara asli dengan modelnya.

2. Google Gemini

Upaya AI pertama Google adalah penawaran penelitian yang disebut Bard, yang dijalankan pada LaMDA LLM Google dan memulai debutnya pada bulan Maret 2023.

Pada Desember 2023, Google meningkatkan model bahasa Bard menjadi Gemini LLM. Pada Februari, perusahaan menggabungkan layanan Duet dan Bard menjadi satu produk, dan memberi merek pada semua opsi AI miliknya dengan nama Gemini.

Google kini mendukung beberapa opsi LLM yang tersedia untuk berbagai tingkat tujuan dan keahlian, termasuk Gemini Nano, Gemini Pro, Gemini Ultra, dan Gemini Advanced.

Gemini Pro mendukung chatbot Google Gemini gratis yang merupakan produk AI tingkat awal, berbasis web dan aplikasi dari merek tersebut.

Sementara itu, Gemini Advanced mendukung tingkat Google One AI Premium berbayar.

Google Gemini. [Google]Google Gemini. [Google]

3. Perplexity

Perplexity AI adalah chatbot yang berfokus pada penelitian dengan CEO perusahaan yang merupakan alumni OpenAI. Antarmuka penggunanya yang sederhana mengingatkan pada ChatGPT, tetapi tidak memerlukan login awal untuk mengujinya.

Pengguna cukup mengetik pertanyaan atau mengklik salah satu topik yang disarankan yang tersedia untuk memulai percakapan.

Akses Perplexity mencakup beberapa tingkatan. Seperti kebanyakan chatbot, tingkatan gratis dan berbayar menggunakan model bahasa yang berbeda. Tingkat gratis didasarkan pada model GPT-3.5 OpenAI dan juga menggunakan model pemrosesan bahasa alami (NLP) untuk melatih chatbot.

Sementara itu, Perplexity Pro menggunakan campuran GPT-4, Claude 3, Mistral Large, Llama 3 dan model Experimental Perplexity untuk proses yang berbeda.

Selain ChatGPT, Microsoft Copilot dianggap sebagai salah satu pesaing terdekat Perplexity.

4. Chatsonic

Chatsonic adalah alternatif ChatGPT menarik yang ditawarkan oleh Writesonic untuk bantuan menulis dan pembuatan konten. Perusahaan ini menawarkan beberapa ekstensi gratis yang berfungsi di browser Google Chrome, versi web ChatGPT, Gmail, dan X (Twitter).

Opsi pendaftarannya dimulai dengan tingkat gratis dengan tawaran satu kali sebesar 25 kredit untuk mencoba layanan Chatsonic dan Writesonic.

Mirip layanan lainnya, Chatsonic saat ini didasarkan pada GPT-3.5 LLM untuk versi gratisnya, GPT-4 LLM dan Claude 3 Opus untuk tingkatan berbayarnya, serta model pembuatan gambar DALL-E dan Stable Diffusion.

Layanan ini lebih mengutamakan langganan berbayar, yang mencakup banyak fasilitas, seperti pemeriksa plagiarisme dan kemampuan untuk memasukkan dokumen, gambar, file audio, dan URL ke dalam obrolan.

5. Character.AI

Character.AI adalah layanan chatbot yang menjadi sangat populer di awal 2023 ketika ChatGPT mengalami masalah kapasitas. Pengguna berbondong-bondong ke layanan dengan model yang menarik untuk beristirahat sejenak sementara OpenAI mengatur bandwidthnya.

Perusahaan ini dijalankan oleh mantan pengembang Google LaMDA LLM dan Meena chatbot, namun tim tidak menjelaskan apakah Character.AI didasarkan pada teknologi ini.

Meskipun demikian, premis layanan ini sederhana, karena pengguna dapat berkomunikasi satu lawan satu dengan karakter yang mungkin didasarkan pada orang-orang terkenal, karakter fiksi dari buku, video game, acara TV atau film, atau orang yang konseptual seperti guru, terapis atau pelatih.

Selain itu, pengguna juga dapat membuat dan melatih karakter, memberi mereka kepribadian seperti manusia, dan memperkenalkan mereka ke komunitas Character.AI.

Fitur lainnya memungkinkan pengguna berbagi percakapan secara publik dalam komunitas dan memungkinkan karakter fiksi berkomunikasi satu sama lain.

Pengguna dapat menguji layanan ini secara gratis dengan memulai percakapan tanpa mendaftar.

Itulah beberapa alternatif lain untuk ChatGPT.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #alternatif #terbaik #chatgpt

KOMENTAR