Apakah RAM Laptop Bisa Ditingkatkan? Cek Caranya di Sini!
Ilustrasi RAM laptop. [Unsplash/Heliberto Arias]
07:40
6 Mei 2024

Apakah RAM Laptop Bisa Ditingkatkan? Cek Caranya di Sini!

RAM merupakan salah satu bagian terpenting dari laptop karena komponen ini memberikan memori jangka pendek dengan kecepatan tinggi. Tetapi, terkadang pengguna ingin melakukan peningkatan atau upgrade pada RAM. Namun sebelum melakukannya, pengguna harus tahu cara memeriksa apakah pengguna dapat mengupgrade RAM laptop.

Berikut ini cara memeriksa apakah RAM laptop bisa ditingkatkan:

Cara memeriksa apakah pengguna dapat meningkatkan RAM laptop

Langkah pertama dalam meningkatkan memori laptop adalah mencari tahu apakah pengguna bisa melakukannya. Memeriksa bagian bawah laptop untuk panel akses memori khusus adalah langkah pertama yang sangat baik.

Pengguna juga dapat menggunakan alat Crucial System Advisor untuk menentukan apakah memori dapat dilepas atau tidak. Masukkan pabrikan laptop dan nomor model. Jika ini menunjukkan bahwa memori dapat dilepas dan merekomendasikan beberapa modul tertentu, maka pengguna dapat meningkatkan RAM laptop.

Crucial System Advisor juga akan memberitahu pengguna berapa memori maksimum laptop dalam hal kapasitas gigabyte (GB). Untuk mengetahui apakah RAM saat ini kurang dari itu dan layak untuk ditingkatkan, pengguna dapat melihat tab kinerja Task Manager.

Jika memori saat ini kurang dari jumlah maksimum yang didukung laptop, pengguna dapat meningkatkannya.

Cara melakukan peningkatan RAM laptop

Langkah pertama dalam mengupgrade laptop adalah membeli RAM. RAM yang tepat untuk komputer bergantung pada model, kebutuhan memori, dan anggaran pengguna. Jika perlu, hubungi produsen laptop untuk mengetahui kapasitas dan kecepatan memori yang didukung, kemudian pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai pedoman umum, 16 GB lebih dari cukup untuk sebagian besar pengguna kecuali pengguna melakukan pengeditan video berat atau tugas intensif lainnya.

Ilustrasi laptop. (Pixabay/pexels)Ilustrasi laptop. (Pixabay/pexels)

RAM laptop juga hadir dalam ukuran SO-DIMM, bukan DIMM.

  • Untuk melakukan peningkatan RAM, lepaskan kabel daya dan baterai laptop.
  • Lepaskan sekrup pada panel akses RAM.
  • Beberapa laptop memungkinkan pengguna meningkatkan memori setelah melepaskan seluruh panel bagian bawah, namun hal ini bisa sangat memakan tenaga dan waktu, serta berisiko. Jika pengguna memutuskan untuk melakukannya, pastikan untuk membaca panduan pembongkaran model laptop yang digunakan secara mendetail.
  • Jika pengguna melepas stik lama untuk memberikan ruang bagi stik baru, kemudian lepaskan klip lengan penahan yang menahannya, dan geser perlahan stik tersebut keluar dari slot RAM. Para ahli merekomendasikan melakukan hal ini karena memori yang tidak cocok dapat mengurangi kinerja memori secara keseluruhan.
  • Pastikan untuk menyejajarkan stik SO-DIMM pada orientasi yang benar dengan slot RAM, masukkan dengan hati-hati ke dalamnya.
  • Ganti panel laptop dan lakukan boot. Gunakan Task Manager lagi untuk mengonfirmasi apakah peningkatan RAM telah berhasil.

Itulah yang dapat pengguna lakukan untuk memeriksa apakah RAM laptop dapat ditingkatkan.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #apakah #laptop #bisa #ditingkatkan #caranya #sini

KOMENTAR