Dilengkapi Tensor Core GPU, LLMs dan Tools Khusus, Nvidia Hadirkan Teknologi AI ke Jutaan PC di Dunia
Ilustrasi: Nvidia hadirkan teknologi AI ke jutaan PC di dunia. (Istimewa).
11:36
3 Mei 2024

Dilengkapi Tensor Core GPU, LLMs dan Tools Khusus, Nvidia Hadirkan Teknologi AI ke Jutaan PC di Dunia

Menjadi salah satu yang terdepan di industri PC selama beberapa dekade, dengan lebih dari 100 juta RTX GPU-nya yang secara nyata telah mendorong lahirnya era AI PC, kini Nvidia terus memperluas kehadiran teknologi AI-nya ke banyak perangkat.   Nvidia mengklaim terus mengoptimalkan pengalaman penggunaan generative AI melalui perangkat komputasi. Inovasi-inovasi tersebut antara lain adalah akselerasi Nvidia TensorRT pada model Stable Diffusion XL yang populer untuk alur kerja teks-ke-gambar, Nvidia RTX Remix dengan tools tekstur generative AI, layanan mikro Nvidia ACE dan lebih banyak gim yang menggunakan teknologi DLSS 3 dengan Frame Generation.   AI Workbench, sebuah toolkit terpadu yang mudah digunakan untuk para pengembang AI, tersedia dalam versi beta. Selain itu, Nvidia juga menghadirkan TensorRT-LLM (TRT-LMM), sebuah open-source library yang mampu mengakselerasi dan mengoptimalkan kinerja inferensi dari model bahasa besar terbaru (LLMs), kini mendukung lebih banyak model yang telah dioptimalkan sebelumnya untuk PC.  

  Diakselerasi oleh TRT-LLM, Nvidia ChatRTX, inovasi Nvidia yang memungkinkan para pengguna untuk berinteraksi dengan beragam data pada Windows PC dan workstations yang didukung oleh Nvidia RTX. Update terbaru ChatRTX memperluas kemampuan aplikasi ini dengan tambahan fitur dan dukungan untuk model terbaru.   "Generative AI merupakan transisi platform paling signifikan dalam sejarah komputasi dan akan mentransformasi seluruh industri," kata Jensen Huang, Founder dan CEO Nvidia.   Kini, Nvidia RTX GPU memiliki kemampuan untuk menjalankan beragam aplikasi pada level performa yang tinggi sehingga mampu mengoptimalkan potensi dari generative AI yang tertanam di PC. Tensor Core pada perangkat GPU ini secara luar biasa mampu meningkatkan performa kecepatan AI di berbagai aplikasi yang membutuhkan spesfikasi tinggi untuk bekerja dan bermain.  

  Selain itu, Nvidia RTX Remix sebuah platform untuk mengolah gim-gim klasik berbasis RTX. Platform ini telah hadir dalam format beta dan menyediakan tools generative AI yang mampu memodernisasi tekstur dasar game klasik, dengan resolusi 4k, menggunakan materi rendering.   Sementara Nvidia ACE layanan mikro yang meliputi generative AI yang mendukung model percakapan dan animasi, yang memungkinkan developer menambahkan avatar digital yang cerdas dan dinamis ke dalam game dan banyak lagi.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #dilengkapi #tensor #core #llms #tools #khusus #nvidia #hadirkan #teknologi #jutaan #dunia

KOMENTAR