Jelang Tutup Usia, Microsoft Bikin Update Windows 10 Jadi Berukuran Lebih Kecil
Ilustrasi: Sistem operasi Windows 10. (Microsoft).
10:52
2 Mei 2024

Jelang Tutup Usia, Microsoft Bikin Update Windows 10 Jadi Berukuran Lebih Kecil

- Microsoft memastikan akan terus mendukung Windows 10 hingga akhir masa pakainya dengan pembaruan rutin. Namun pembaruan ini akan semakin kecil ukurannya. Ini berarti pengunduhan lebih cepat dan penginstalan lebih cepat untuk loyalis Windows 10.   Windows 10, sebagai salah satu sistem operasi atau OS Microsoft memang tidak memiliki banyak manfaat. Meski masih menjadi OS yang dominan, masa-masanya tinggal menghitung hari.   Perusahaan sebelumnya telah mengkonfirmasi bahwa Windows 10 akan mencapai akhir masa pakainya pada Oktober 2025. Namun, OS tersebut akan terus menerima pembaruan rutin hingga akhir masa pakainya.  

  Windows 10 mendapat pembaruan keamanan dan kualitas dari Microsoft setiap bulan. Microsoft juga telah mengumumkan program Extended Security Update (ESU) untuk OS tersebut. Hal ini menjamin pembaruan dan patch keamanan untuk waktu terbatas, dengan harga yang mahal.   Ke depannya, pembaruan untuk Windows 10 ini akan menyusut ukurannya, Microsoft telah mengonfirmasi. Demikian dilansir via Android Headline.   “Pembaruan Windows 10 dirilis setiap bulan, menghasilkan sejumlah besar konten yang dapat dengan cepat menghabiskan bandwidth jaringan pengguna yang beroperasi pada jaringan yang lebih lambat. Untuk mengurangi tuntutan pada jaringan Anda, Microsoft kini mengambil langkah dari pedoman Windows 11 dan mengurangi ukuran paket pembaruan Windows 10," catat Microsoft.   Artinya, Microsoft akan memberikan pembaruan yang lebih kecil ke PC yang menjalankan Windows 10. Microsoft dilaporkan telah meyakinkan bahwa pembaruan yang diperkecil ini akan lebih cepat diunduh dan dipasang. Ini tidak berarti perusahaan menghilangkan fitur-fitur dan memberikan hal-hal penting.   Microsoft telah membangun Windows 11 dengan pendekatan baru pada desain produk. Selain itu, mekanisme pengiriman pembaruannya, dan juga saluran pipanya, dibangun secara berbeda.    “Hal ini dicapai melalui pengemasan yang efisien, termasuk penghapusan perbedaan terbalik dari paket pembaruan kumulatif,” lanjut Microsoft menjelaskan dalam sebuah posting blog.  

  Sebagai informasi, Microsoft pada dasarnya mem-backport mekanisme pembaruan Windows 11 ke Windows 10. Ke depannya, Windows 10 akan terus menerima paket Pembaruan Kumulatif Terbaru (LCU) bulanan. Namun, paket-paket ini harus berukuran lebih kecil.   Pengguna Windows 10 harus segera memutuskan untuk beralih ke Windows 11 atau mendapatkan PC baru yang mendukung penerus OS tersebut. Namun, hingga saat itu tiba, PC yang menjalankan Windows 10 harus menginstal pembaruan Windows 10 23 Juli 2023 (KB5028244).   Loyalis Windows 10 dapat mengunduh dan menginstal Servicing Stack Update (SSU) KB5031539 secara terpisah. Ini akan memastikan PC mereka kompatibel dengan pembaruan kualitas baru dan optimal.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #jelang #tutup #usia #microsoft #bikin #update #windows #jadi #berukuran #lebih #kecil

KOMENTAR