Siapkan Peralatan, Begini Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil, Mudah Dilakukan Sendiri di Rumah
Ilustrasi mesin mobil. (Freepik)
13:24
30 April 2024

Siapkan Peralatan, Begini Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil, Mudah Dilakukan Sendiri di Rumah

- Terkadang, pemilik kendaraan mengabaikan pentingnya membersihkan kerak pada mesin mobil akhirnya mengalami penurunan performa kendaraan mereka. Melakukan pembersihan kerak mesin mobil tidak hanya menjaga kebersihan mesin, tetapi juga dapat menjaga kinerjanya agar tetap optimal.

Membersihkan kerak pada mesin mobil bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan berbagai jenis peralatan yang mudah ditemukan dan sabun khusus yang tersedia di toko otomotif.

Kerak oli pada mesin mobil adalah masalah umum yang dapat terjadi akibat penumpukan minyak dan kotoran selama penggunaan yang berkepanjangan. Tidak hanya mengganggu estetika mesin, tetapi juga dapat mengganggu kinerja dan bahkan menyebabkan kerusakan serius jika dibiarkan terus-menerus.

Kerak oli dapat menumpuk di berbagai bagian mesin, seperti klep, piston, dan saluran oli, mengganggu aliran oli yang optimal dan bahkan menyebabkan blok mesin menjadi panas berlebihan.

Selain itu, kerak oli yang terlalu tebal juga dapat menyebabkan masalah seperti bocornya oli atau kebocoran yang tidak terdeteksi secara langsung. Oleh karena itu, secara teratur membersihkan kerak oli dari mesin mobil Anda adalah langkah yang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan dan kinerja mesin.

Dilansir dari laman Daihatsu dan Auto 2000, adapun cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil sebagai berikut:

Hindari Mobil dari Sinar Matahari

Pindahkan mobil yang akan Anda bersihkan dari sinar matahari langsung. Langkah ini penting untuk mencegah paparan panas matahari pada komponen mobil yang terbuat dari plastik dan karet, yang rentan terhadap perluasan dan kegetasan akibat panas.

Siapkan Peralatan

Ada beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan untuk membantu proses pembersihan. Mulai dari spons, sikat gigi, hingga kain microfiber. Peralatan ini sangat berguna untuk membersihkan kerak oli, terutama pada area yang sulit dijangkau.

Pastikan juga untuk menjaga kebersihan semua alat yang digunakan. Jika sudah terlalu kotor, sebaiknya diganti dengan yang baru karena membersihkan mesin dengan alat yang kotor dapat meningkatkan risiko pengotoran tambahan.

Gunakan Pembersih Khusus

Pembersih yang dimaksud adalah engine conditioner. Fungsi dari pembersih ini adalah menghasilkan busa setelah disemprotkan ke ruang bakar. Dengan adanya busa dari engine conditioner, proses pembersihan kerak oli menjadi lebih efisien.

Selain itu, Anda membutuhkan engine flush untuk membersihkan kerak oli yang sulit dihilangkan dari mesin. Biasanya dilakukan sebelum proses pembersihan mesin dimulai. Anda dapat menaburkan engine flush ke bagian mesin sebelum memanaskan mesin mobil. Engine flush memiliki bentuk yang mirip dengan detergen.

Penggunaan engine flush sangat mudah, yaitu dengan menuangkan pembersih ini ke lubang oli mesin yang belum diganti. Setelah itu, hidupkan mesin selama sekitar 15 menit dengan posisi gas stationer dan RPM sekitar 2000.

Lepaskan Bagian Aki Mesin

Langkah ini bertujuan untuk mencegah terjadinya korsleting listrik jika Anda mencuci mesin dengan air. Pastikan untuk melindungi komponen-komponen elektronik yang terpasang pada mesin dengan menggunakan bahan anti air seperti plastik atau aluminium foil.

Gunakan Engine Degreaser

Setelah menggunakan engine flush, Anda juga perlu menggunakan engine degreaser. Fungsinya adalah untuk membersihkan ruang mesin secara menyeluruh. Cara penggunaannya adalah dengan menyemprotkan ke bagian mesin, kemudian menyikatnya dengan air sabun hingga bersih. Setelah itu, bilas dengan air mengalir dan keringkan menggunakan kain microfiber.

Pasang Aki Kembali dan Nyalakan Mesin

Langkah berikutnya, pasang kembali aki yang sudah dilepas. Setelah aki terpasang dengan benar, hidupkan mesin untuk menguji kondisinya.

Lakukan Perawatan Rutin

Kerak oli merupakan masalah yang mengganggu karena selain membuat mesin kotor, juga dapat mengurangi performa mobil dan berpotensi membahayakan keselamatan. Disarankan untuk rutin membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk perawatan berkala.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #siapkan #peralatan #begini #cara #membersihkan #kerak #pada #mesin #mobil #mudah #dilakukan #sendiri #rumah

KOMENTAR