Pro Player Mobile Legends Kena Banned Gegara Ketahuan Match Fixing
Aplikasi game Mobile Legends di sebuah ponsel pintar. [Shutterstock]
10:32
30 April 2024

Pro Player Mobile Legends Kena Banned Gegara Ketahuan Match Fixing

Nik "Dominus" Muhyyiddin, pro player Mobile Legends, terkena banned selama satu tahun karena match fixing di MPL Malaysia Season 13.

Moonton Games menyebut telah melarang Dominus berkompetisi di semua turnamen resmi, termasuk MPL dan MAL Malaysia antara 18 April 2024 hingga 18 April 2025.

Season 13 MPL Malaysia saat ini sedang berlangsung, di mana 10 tim dari negara tersebut bersaing satu sama lain untuk dua slot di MSC 2024. Turnamen ini dimulai pada 29 Maret dan akan berakhir pada 2 Juni 2024.

Melalui akun Instagram resmi MPL Malaysia, Moonton merilis pernyataan resmi terkait insiden match-fixing di turnamen tersebut. Dominus, salah satu pemain Mobile Legends lawas di Negeri Jiran dinyatakan bersalah atas percobaan match-fixing di ajang tersebut.

"Liga telah menyelesaikan penyelidikan atas tuduhan yang melibatkan Bountee Esports dan anggotanya. Nik "Dominus" Muhyyiddin berupaya terlibat dalam match-fixing dan menawarkan insentif finansial kepada dua pemain Bountee Esports untuk mengadakan pertandingan. Ini merupakan pelanggaran serius terhadap integritas dan profesionalisme," tulis akun Instagram @mplmy.official.

Namun, Bountee Esports tidak ditemukan melakukan pelanggaran apa pun dan tim telah berkomitmen untuk memperkuat operasi dan manajemennya bekerja sama dengan liga.

Moonton menegaskan bahwa sebagai liga Esports terlama di negara tersebut, MPL Malaysia menjunjung standar profesionalisme dan perilaku tertinggi. Hal ini termasuk mengambil pendekatan tanpa toleransi terhadap match-fixing.

Dominus sendiri melakukan debut sebagai pro player Mobile Legends pada 2018 bersama Geek Fam, klub ternama asal Malaysia. Ia berhasil menjuarai MPL Malaysia/SG Season 3 pada 2019.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #player #mobile #legends #kena #banned #gegara #ketahuan #match #fixing

KOMENTAR