Perbaiki Kaca Mobil Retak, Kenali Dulu Jenis Keretakannya, Berikut 4 Cara Perbaikannya
Ilustrasi kaca mobil retak. (Freepik)
19:12
29 April 2024

Perbaiki Kaca Mobil Retak, Kenali Dulu Jenis Keretakannya, Berikut 4 Cara Perbaikannya

- Pernahkah Anda mengalami keretakan pada kaca mobil? Keretakan kaca merupakan masalah umum pada mobil. Kejadiannya bisa kapan saja. Namun, sebelum bergegas mencari solusi atas keretakan itu, penting kiranya untuk memahami kondisi dan jenis keretakan kaca mobil tersebut.

Keretakan pada kaca mobil tidak hanya mengurangi penampilan estetis, juga dapat menimbulkan bahaya bagi pengemudi dan penumpang. Sebab keretakan kaca mobil bisa mengganggu jarak pandang.

Ada banyak faktor penyebab kaca mobil retak. Mulai dari terkena batu atau kerikil, tergores ranting pohon, kaca mobil yang sudah tua, kejatuhan buah, dan sebagainya. Ukuran dan tingkat keparahan keretakan kaca mobil pun beragam.

Sebelum memutuskan untuk memperbaiki yang tepat, penting untuk mengidentifikasi jenis keretakannya. Dilansir laman resmi Daihatsu dan Wuling, berikut kondisi dan jenis keretakan kaca mobil.

Jenis-Jenis Keretakan Kaca Mobil

Retakan kaca bisa berbentuk bintang, panjang, atau lingkaran. Retakan bintang menyebar ke luar dan harus diperbaiki segera. Retakan panjang, terutama dari sudut, sulit diperbaiki dan lebih baik diganti. Retakan lingkaran biasanya disebabkan oleh batu atau kerikil dan bisa diperbaiki jika ukurannya kecil.

Kondisi Kaca Mobil Retak yang Bisa Diperbaiki

Retak di tengah, bukan di sudut. Retak yang terletak di tengah kaca dan tidak terlalu dalam, bisa diperbaiki. Namun, sulit untuk memperbaiki retak yang berada di sudut dan menjalar ke tengah.

1. Keretakan tidak panjang dan kurang dari 2 sentimeter untuk kaca depan

Retak kaca bisa diperbaiki selama keretakannya kurang dari 10 inchi. Namun, jika melebihi panjang tersebut, meskipun sudah diperbaiki, kekuatan kaca akan terpengaruh secara signifikan.

Untuk kaca depan, jika retaknya mencapai 2 sentimeter, maka kaca itu harus diganti agar berkendara lebih aman dan nyaman. Retakan di atas ukuran tersebut menandakan kerusakan telah menembus laminasi kaca, meskipun dilapisi dengan Polyvinyl Butyral Film. Namun, jika retaknya kurang dari 2 cm, masih bisa diperbaiki.

2. Tidak menembus kaca bagian dalam

Kaca mobil terdiri atas dua lapisan. Yaitu luar dan dalam. Jika retakan meluas hingga ke lapisan dalam, kaca harus diganti sepenuhnya. Namun, jika kerusakan hanya terjadi pada lapisan luar, umumnya bisa diperbaiki.

3. Tidak Mengenai Fitur Kaca Mobil

Mobil baru sering dilengkapi dengan sensor di kacanya, seperti sensor suhu, radio, radar, antena, dan lainnya. Jika keretakan memengaruhi fitur-fitur ini, perbaikan harus dilakukan di bengkel resmi.

Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak

1. Bersihkan Kaca

Langkah pertama adalah membersihkan area retakan pada kaca. Bersihkan semua debu, pasir, serpihan kaca, dan kotoran lainnya di sekitarnya. Gunakan sikat kecil untuk menghilangkan kotoran yang besar, sedangkan untuk kotoran yang lebih kecil, basahi kanebo dan gunakan untuk membersihkannya.

Pembersihan kaca ini sangat penting karena memastikan kaca bersih saat proses penyuntikan resin, sehingga hasilnya optimal.

2. Lubangi Kaca

Setelah membersihkan kaca, persiapkan alat bor untuk melubangi kaca. Lubangi kaca dengan cukup di area yang retak, hindari pengeboran terlalu dalam untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

3. Suntikkan Cairan Resin

Suntikkan cairan resin ke lubang-lubang yang telah dibuat sebelumnya. Resin akan menyatukan kaca yang retak dan menutupnya. Setelah selesai, biarkan selama 3-4 jam agar resin mengering dengan baik dan memberikan hasil yang lebih rapi.

Proses penyuntikan resin memerlukan tingkat ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Masukkan resin dengan hati-hati ke area retakan pada kaca mobil, dan bersihkan segera jika resin meluber agar tidak meninggalkan bekas.

4. Pasang Lapisan Film

Setelah resin mengering, retakan akan terlihat lebih kecil karena sudah tertutup. Langkah selanjutnya adalah meratakan dengan lapisan film untuk memperkuat hasil perbaikan. Perataan dengan lapisan film bertujuan memperkuat fungsi resin dan mencegah penyebaran keretakan lebih lanjut.(*)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #perbaiki #kaca #mobil #retak #kenali #dulu #jenis #keretakannya #berikut #cara #perbaikannya

KOMENTAR