Samsung Garap Fitur AI Baru pada Galaxy S25, Masih Bermitra dengan Google
HP Samsung Galaxy S24, generasi sebelum Samsung Galaxy S25. [Samsung]
13:40
26 April 2024

Samsung Garap Fitur AI Baru pada Galaxy S25, Masih Bermitra dengan Google

Berdasarkan data dari firma riset, Galaxy AI membantu mendongkrak penjualan pada Samsung Galaxy S24 series. Perusahaan dikabarkan sedang menggarap fitur AI baru pada Galaxy S25.

Sebagai informasi, Samsung Galaxy S24 debut pertama kali pada Januari 2024. Apabila memperhatikan siklus tahunan, HP Samsung Galaxy S25 kemungkinan meluncur pada kuartal pertama 2025.

Perusahaan mengonfirmasi bahwa Galaxy S25 akan memiliki fitur Galaxy AI yang lebih baru berkat kemitraan berkelanjutan dengan Google. Mereka masih bermitra dengan Google dalam mengembangkan AI mengingat fitur tersebut terbukti menarik minat banyak pengguna.

Fitur baru pada Galaxy AI kabarnya juga akan datang ke Samsung Galaxy S24 FE. Melalui sebuah forum, Cho Cheol-min, Direktur Eksekutif divisi System LSI Samsung Electronics mengatakan, Galaxy S25 akan menghadirkan lebih banyak fitur Galaxy AI yang didukung oleh Gemini Nano 2 Large Language Model (LLM).

Dia mengungkapkan bahwa diskusi sudah berlangsung dan penekanannya adalah fokus pengembangan AI atau kecerdasan buatan pada perangkat. Tidak disebutkan apa saja fitur AI baru ini. Dikutip dari 91Mobiles, Galaxy AI baru ini mungkin terkunci di balik paywall berbasis langganan.

Galaxy AI dapat dukungan Google Cloud. (Samsung)Galaxy AI dapat dukungan Google Cloud. (Samsung)

Orang-orang di situs Belanda Galaxy Club dilaporkan telah menemukan nama kode R12. Itu adalah kode yang diyakini sebagai Samsung Galaxy S24 FE. Secara historis, Galaxy S20 FE adalah R8, S21 FE adalah R9, dan S23 FE adalah R11. Jadi, S24 FE bisa mengusung kode nama R12.

Samsung Galaxy S24 FE kemungkinan debut pada musim gugur 2024 atau awal tahun 2025. Samsung saat itu diprediksi sudah mempunyai waktu yang cukup untuk mengenalkan fitur baru pada Galaxy AI.

Sebagai pengingat, deretan fitur populer Galaxy AI berbasis kecerdasan buatan adalah Circle to Search, Live Translate, Note Assist, dan Photo Assist. Circle to Search memungkinkan pengguna mendapat informasi hanya dengan menekan lama pada bilah navigasi untuk membuka fitur dan melingkari apa pun di layar.

Sementara itu, Live Translate menawarkan terjemahan panggilan telepon dua arah, suara real-time, dan teks langsung untuk menghilangkan hambatan komunikasi. Fitur Note Assist sendiri memungkinkan pemformatan otomatis, peringkasan, koreksi ejaan, terjemahan, dan pembuatan sampul dalam aplikasi Notes.

Dengan Photo Assist, pengguna Samsung Galaxy dapat menghilangkan pantulan dan objek yang tidak diinginkan, membuat ulang foto, menambahkan efek potret, dan banyak lagi langsung dari aplikasi Galeri.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #samsung #garap #fitur #baru #pada #galaxy #masih #bermitra #dengan #google

KOMENTAR