Janjikan Performa Kencang, Qualcomm Rilis Chipset Snapdragon X Plus
Logo Qualcomm. [Josep Lago/AFP]
09:08
25 April 2024

Janjikan Performa Kencang, Qualcomm Rilis Chipset Snapdragon X Plus

Qualcomm baru saja merilis chipset baru dari keluarganya yaitu Snapdragon X Plus. Chipset anyar ini diklaim menjanjikan performa kencang untuk perangkat laptop nantinya.

Dibandingkan dengan Snapdragon X Elite, Snapdragon X Plus justru menggunakan 10-core Oryon CPU dengan kecepatan mencapai 3,4 GHz. Tidak hanya itu, chipset ini juga mendukung RAM 64 GB dengan 135 GB bandwidth.

Dilansir dari GSM Arena, Snapdragon X Plus hadir dengan 45 TOPS NPU. Qualcomm menyebut jika NPU ini merupakan yang tercepat di dunia untuk digunakan di laptop.

Snapdragon X Plus diharapkan memberikan kinerja luar biasa dengan daya tahan baterai tinggi. Tidak hanya itu, chipset ini juga diharapkan mendukung teknologi AI yang lebih baik nantinya.

Laptop yang nantinya menggunakan chipset Snapdragon X Plus ini diduga akan meluncur pada pertengahan tahun 2024 mendatang. Sayangnya, masih belum diungkap dengan pasti mengenai seri apa yang beruntung mengandalkan chipset ini.

CPU Oryon di Snapdragon X Plus ini menawarkan kinerja 37 persen lebih cepat jika dibandingkan dengan chipset lainnya. Sedangkan konsumsi daya chipset ini berada pada angka 54 persen.

Chipset ini mendukung LPDDR5x dengan total cache 42 MB yang dibangun pada proses 4nm. Snapdragon X Plus mendukung 3 tampilan eksternal pada 4K HDR.

Bocoran lain menyebut bahwa Snapdragon X Plus akan mendukung teknologi Wi-Fi 7, Bluetooth 5,4, ISP kamera yang canggih serta audio lossless imersif dari Qualcomm.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #janjikan #performa #kencang #qualcomm #rilis #chipset #snapdragon #plus

KOMENTAR