Ini Dia HP Snapdragon 8 Gen 4 Pertama di Dunia
Ilustrasi Snapdragon 8 Gen 4, prosesor premium Qualcomm penerus Snapdragon 8 Gen 3. [Qualcomm]
20:08
23 April 2024

Ini Dia HP Snapdragon 8 Gen 4 Pertama di Dunia

Qualcomm diperkirakan bakal meluncurkan prosesor Snapdragon 8 Gen 4 pada akhir tahun nanti. Meski belum dirilis, chip kelas premium ini bakal dipakai di HP Xiaomi sekaligus menjadikannya yang pertama di dunia.

Hal ini dibocorkan oleh seorang tipster Yogesh Brar. Lewat akun X alias Twitter, ia menyebut kalau Xiaomi akan menjadi brand ponsel pertama yang menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 4 tersebut.

Snapdragon 8 Gen 4 nantinya bakal dipakai di seri Xiaomi 15, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Selasa (23/4/2024).

Jika dilihat di masa lalu, Xiaomi 14 memang menjadi ponsel pertama yang menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 3. Xiaomi 15 ini akan hadir di China lebih dulu sebelum akhirnya rilis ke pasar global, termasuk Indonesia.

Brar menyebut kalau Xiaomi adalah perusahaan pertama yang mendapatkan prosesor Snapdragon 8 Gen 4. Tiga besar lainnya adalah OnePlus dan iQOO, perusahaan smartphone asal China.

Itu berarti dua ponsel yang akan hadir dengan prosesor baru tersebut adalah OnePlus 13 dan iQOO 13. Namun perlu dicatat kalau OnePlus tidak menjual ponselnya di Indonesia.

Di sisi lain Samsung juga dikatakan menjadi brand HP pertama yang menggunakan perangkat tersebut. Namun prosesornya akan dinamakan Snadragon 8 Gen 4 for Galaxy, sama seperti tahun lalu.

Perusahaan asal Korea Selatan itu kemungkinan bakal menghadirkannya lewat seri Samsung Galaxy S25.

Qualcomm sendiri sudah mengkonfirmasi kalau chip buatannya ini bakal dirilis tahun ini. Meskipun belum ada informasi rinci, kemungkinan prosesor itu akan diluncurkan pada Oktober 2024 mendatang.

Sejauh ini bocoran Snapdragon 8 Gen 4 yakni membawa central processing unit (CPU) Oryon khusus. CPU ini diyakini membawa kinerja lebih baik ketimbang CPU Arm generasi sebelumnya.

Peningkatan lainnya yakni fitur FastConnect 7900 yang mendukung teknologi ultra wide band (UWB). UWB sendiri adalah sebuah fitur nirkabel jarak pendek layaknya Wifi, Bluetooth, atau NFC, dengan fungsi untuk melacak sesuatu dengan lokasi yang presisi.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #snapdragon #pertama #dunia

KOMENTAR