5 Tanda Akun Facebook Diam-diam Diretas, Waspada Sebelum Terlambat!
Ilustrasi Facebook. [Austin Distel/Unsplash]
14:08
23 April 2024

5 Tanda Akun Facebook Diam-diam Diretas, Waspada Sebelum Terlambat!

Facebook merupakan salah satu media sosial yang masih banyak digunakan hingga saat ini, sehingga para peretas pun menargetkan Facebook untuk mencuri data. Namun terkadang, akun Facebook pengguna tidak langsung terlihat telah diretas.

Oleh karena itu, pengguna harus mengetahui cara mengenali tanda-tanda bahwa akun Facebook pengguna telah diretas. Ini adalah bagian penting untuk menjaga keamanan akun. Berikut ini lima tanda untuk mengetahui apakah akun Facebook pengguna telah diretas:

1. Tiba-tiba memposting status di halaman

Ini adalah tanda paling umum, di mana biasanya pengguna melihat status atau pesan di halaman Facebook yang sebenarnya tidak pengguna posting.

Jika seorang peretas mendapatkan akses ke akun pengguna, mereka akan segera meninggalkan pesan yang meminta uang tunai. Teman-teman pengguna akan menganggap pesan itu ditulis oleh pengguna.

Kemungkinan lainnya adalah penipu memasukkan tautan malware ke dalam pesan.

2. Mengirim pesan Messenger

Selain di halaman postingan, penipu juga mungkin mengirim pesan di Messenger kepada teman-teman pengguna. Ini bisa menjadi variasi dari penipuan "kirimi saya uang" atau mengirim kontak pengguna ke situs web phising untuk mengambil detail login mereka.

Beberapa kontak pengguna mungkin langsung mempercayainya, namun yang lain mungkin menghubungi pengguna dengan cara lain untuk menanyakan apakah pengguna benar-benar mengirimkan pesan tersebut. Jika itu terjadi, pengguna tahu bahwa akun Facebook telah diretas.

3. Pesan status Facebook yang tidak masuk akal

Hal berikutnya yang mungkin mengindikasikan ada sesuatu yang salah adalah ketika Facebook mulai mengirimi pengguna pesan notifikasi yang tidak masuk akal.

Biasanya ini memberi tahu bahwa pengguna telah mencoba masuk dari negara lain atau pengguna mencoba mengunggah sesuatu ke halaman yang melanggar pedoman Facebook.

Jika Facebook mulai menuduh pengguna melakukan sesuatu yang tidak pengguna lakukan, itu mungkin menunjukkan ada orang lain yang sedang mengambil alih akun pengguna.

Ilustrasi Facebook. (Pexels/Luca Sammarco)Ilustrasi Facebook. (Pexels/Luca Sammarco)

4. Detail akun diubah menjadi milik orang lain

Ini adalah salah satu tanda yang tidak akan langsung pengguna lihat. Pengguna harus mengecek informasi akun dan sangat jeli tentang hal itu. Carilah hal-hal seperti perubahan alamat email an perubahan pada pengaturan keamanan dan privasi.

5. Tidak dapat masuk ke akun sama sekali

Jika peretas telah mengubah email dan kata sandinya, maka pengguna tidak akan bisa masuk ke akun sama sekali. Pengguna tidak dapat menyetel ulang kata sandi tanpa tautan verifikasi dikirimkan ke email.

Untuk menghindari hal ini terjadi, pengguna disarankan untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah di akun Facebook menggunakan aplikasi autentikator. Hal ini mempersulit peretas untuk mengambil alih akun.

Itulah tanda-tanda yang harus diketahui jika akun Facebook telah diretas.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #tanda #akun #facebook #diam #diam #diretas #waspada #sebelum #terlambat

KOMENTAR