Meluncur Bareng Galaxy S24, Samsung Juga Akan Rilis One UI 6.1, Ini Bocoran Fiturnya
Ilustrasi: Samsung One UI 6 akan mendapat peningkatan fitur. (Samsung).
06:56
16 Januari 2024

Meluncur Bareng Galaxy S24, Samsung Juga Akan Rilis One UI 6.1, Ini Bocoran Fiturnya

One UI 6.1, iterasi terbaru dari antarmuka atau User Interface (UI) khusus Samsung, siap untuk debut bersamaan dengan seri Galaxy S24 yang akan diungkapkan pada Rabu (17/1) lusa. One UI 6.1 dikabarkan akan menghiasi berbagai smartphone dan tablet Samsung, membawa gelombang peningkatan yang disambut baik terhadap pengalaman pengguna.   Menurut laman Tuttoandroid, salah satu perubahan paling mencolok di One UI 6.1 adalah perombakan animasi. Ice Universe, orang dalam teknologi terkemuka, mengungkapkan bahwa animasi akan menghasilkan frame rate yang jauh lebih tinggi, sehingga interaksinya dipastikan bisa lebih smooth.    Hal ini, ditambah dengan penghapusan keburaman latar belakang (kemungkinan diterapkan untuk mengoptimalkan masa pakai baterai), menjanjikan antarmuka yang tajam dan responsif.  

  Namun Samsung tidak berhenti pada kecepatan belaka, One UI 6.1 lebih jauh disebut bakalan memperkenalkan pengubahan ukuran animasi non-linier, bahkan melampaui efek penskalaan iOS. Ikon menu akan bisa memantul kembali ke posisi semula dengan elastisitas yang menyenangkan dan aplikasi membuka dan menutup dengan halus. Itulah keajaiban peningkatan animasi One UI 6.1.   Kabar baiknya tidak berhenti pada peningkatan animasi. One UI 6.1 dirancang untuk menjangkau beragam perangkat Samsung, memastikan lebih banyak pengguna dapat merasakan keajaibannya. Dari seri Galaxy S24 mutakhir hingga jajaran Galaxy S23, S22, dan S21 yang selalu populer, pembaruan ini akan menyentuh sebagian besar portofolio ponsel pintar Samsung.   Namun bukan hanya produk unggulan saja yang mendapatkan perhatian. Seri Galaxy Z Fold dan Flip yang dapat dilipat, mulai dari Z Fold3 dan Flip3 yang sudah ada hingga Z Fold5 dan Flip5 yang akan datang, juga dijadwalkan untuk menerima perawatan One UI 6.1. Dan jangan lupakan seri A dan M yang selalu andal, perangkat seperti Galaxy A73, A53, M54, dan M33 akan bergabung, memastikan bahwa lebih banyak pengguna dapat menikmati peningkatan antarmuka terbaru.  

  Meskipun animasi adalah sorotan utama, One UI 6.1 kemungkinan memiliki lebih banyak kejutan. Laporan mengisyaratkan peningkatan kemampuan multitasking, peningkatan opsi penyesuaian, dan potensi integrasi lebih dalam dengan ekosistem aplikasi dan layanan Samsung.   Kita harus menunggu peluncuran resminya untuk mengetahui secara pasti, tetapi satu hal yang jelas, One UI 6.1 akan menjadi langkah maju yang signifikan bagi pengalaman pengguna Samsung. Selain itu, kehadiran One UI 6.1 bersama seri Galaxy S24 bukan hanya soal animasi yang lebih halus dan jangkauan perangkat yang lebih luas.    Ini merupakan bukti komitmen Samsung untuk menyempurnakan pengalaman pengguna, melakukan perbaikan halus namun berdampak yang meningkatkan cara kita berinteraksi dengan perangkat. Mari selidiki lebih dalam apa yang ada di balik permukaan One UI 6.1.  

  One UI 6.1 juga memberdayakan pengguna untuk mengatur dunia digital mereka dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya. Harapkan palet warna, paket ikon, dan gaya widget yang lebih beragam, memungkinkan Anda menyesuaikan antarmuka dengan estetika unik Anda.    Lanjut, menggabungkan beberapa aplikasi secara bersamaan menjadi lebih lancar di One UI 6.1. Pasalnya, skin Android tersebut juga turut memperkenalkan manajemen window yang lebih baik, memungkinkan Anda mengubah ukuran dan mengatur aplikasi dengan lebih mudah.    Multitasking Picture-in-picture (PiP) juga mendapat peningkatan, dengan kontrol intuitif dan transisi mulus antar aplikasi. Baik Anda seorang pemain sulap kreatif atau ahli produktivitas, One UI 6.1 menyederhanakan alur kerja Anda.   Terakhir, dengan semakin pentingnya keamanan online, One UI 6.1 menggandakan fitur privasi dan keamanan. Harapkan kontrol terperinci atas izin aplikasi, enkripsi data yang ditingkatkan, dan bahkan deteksi ancaman yang didukung AI untuk menjaga keamanan informasi Anda. Selain itu, dasbor privasi yang diperbarui memberi Anda gambaran menyeluruh tentang penggunaan data dan kontrol terhadap siapa yang dapat mengaksesnya.  

 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #meluncur #bareng #galaxy #samsung #juga #akan #rilis #bocoran #fiturnya

KOMENTAR