Jarang Terjadi, Apple Guyur Diskon untuk iPhone
Apple memberi diskon untuk iPhone 15 pada awal 2024. [Apple.com]
21:00
15 Januari 2024

Jarang Terjadi, Apple Guyur Diskon untuk iPhone

Apple pada pekan ini melakukan sesuatu yang jarang dibuat sebelumnya: memberi diskon untuk jajaran iPhone hingga 70 dolar AS atau sekitar Rp 1 juta. 

Dikson ini diberikan Apple di China, salah satu pasar utama iPhone dan pasar ponsel terbesar di dunia. Ponsel Apple itu kini kurang laku di Tiongkok, karena bersaing ketat dengan merek-merek lokal terutama Huawei.

Pada Senin (15/1/2024), demikian dilansir dari Reuters, Apple memangkas harga iPhone sebesar 5 persen. Diskon iPhone itu berlaku mulai 18 - 21 Januari, untuk menyambut Imlek pada awal Februari mendatang.

Penjualan ponsel Apple, terutama iPhone 15 di China pada awal 2024 adalah yang paling buruk ketimbang seri-seri sebelumnya. 

Di pasar Tiongkok, Apple menghadapi persaingan ketat dari merek-merek lokal seperti Huawei dan Xiaomi. Sejumlah lembaga pemerintah juga membatasi para pegawainya dalam membeli iPhone dan lebih mengutamakan merek lokal.

Hal yang sama sudah dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat, yang melarang para pegawai pemerintah untuk menggunakan ponsel buatan Huawei karena alasan keamanan.

Penjualan iPhone di China turun 30 persen di pekan-pekan pertama 2024 dibandingkan dengan periode yang sama pada awal 2023 kemarin. 

Sebelumnya Apple tidak pernah memangkas harga iPhone terbarunya. Apple sebenarnya juga mengejutkan pasar karena tidak menaikkan harga iPhone 15 saat gawai itu diluncurkan pada September 2023 kemarin.

Para peritel di Tiongkok sendiri sudah memangkas harga iPhone 15 dan iPhone 15 Pro hingga 16 persen pada awal 2024. Para analis mengatakan Apple harus membuat terobosan jika tidak ingin terus tertekan.

"Jelas bahwa Huawei sedang bangkit. Para konsumen China lebih memilih Huawei karena semangat patriotisme," kata Nicole Peng, analis dari firma riset Canalys.

Canalys memperkirakan penjualan Apple pada 2024 di seluruh dunia akan datar-datar saja dan akan mengalami penurunan di Tiongkok, meski hanya tipis.

Editor: Liberty Jemadu

Tag:  #jarang #terjadi #apple #guyur #diskon #untuk #iphone

KOMENTAR