Kapan Mobil Harus Ganti Oli? Pahami Tips Menjaga Performa Oli Mobil agar Memiliki Jangka Pakai Panjang
Ilustrasi: Mengganti oli mobil. (Freepik)
09:32
9 April 2024

Kapan Mobil Harus Ganti Oli? Pahami Tips Menjaga Performa Oli Mobil agar Memiliki Jangka Pakai Panjang

  - Oli mobil merupakan salah satu komponen penting dalam menjaga performa dan keawetan mesin. Oli berfungsi sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antar komponen mesin, sehingga mencegah keausan yang berlebihan.    Selain itu, oli juga membantu mendinginkan mesin dan membersihkan kotoran yang dihasilkan dari proses pembakaran.   Oleh karena itu, sangat penting untuk mengganti oli mobil secara rutin.    Dilansir dari laman Auto2000 dan Hyundai pada Selasa (09/04), berikut beberapa alasan penting mengapa mengganti oli mobil harus dilakukan secara rutin:  

  1. Menjaga Performa Mesin   Oli yang telah digunakan secara lama, lama-kelamaan akan menjadi kotor dan kehilangan kemampuannya untuk melumasi dan mendinginkan mesin.    Hal ini dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras, sehingga performanya menurun dan konsumsi bahan bakar meningkat.   Apabila oli mesin dibiarkan terus menerus di dalam mesin dan melewati masa penggantian, suara mobil akan cenderung kasar.   2. Mencegah Kerusakan Mesin   Oli akan melumasi berbagai komponen bergerak untuk mereduksi friksi, panas dan konsumsi bahan bakar.   Gesekan antar komponen mesin yang tidak terlumasi dengan baik dapat menyebabkan keausan yang berlebihan.    Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan mesin yang serius dan mahal. Jarang mengganti oli bisa mengakibatkan kerusakan parah yang mengharuskan pengguna mengganti beberapa komponen mesin yang harganya jauh lebih mahal.  

  3. Memperpanjang Umur Mesin   Mesin yang terawat dengan baik, termasuk dengan mengganti oli secara rutin, akan memiliki umur yang lebih panjang.   Penggantian oli yang rutin akan meminimalisir friksi yang terjadi pada mesin akibat oli yang kotor dan komponen tak terlumasi.   Mengganti oli secara rutin akan membantu memperpanjang umur dari mesin mobil.   4. Menjaga Efisiensi Bahan Bakar   Oli yang kotor dan kental dapat membuat mesin bekerja lebih keras, sehingga konsumsi bahan bakar meningkat.    Mengganti oli secara rutin dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar.  

  5. Menjaga Kinerja Sistem Pendinginan   Oli membantu mendinginkan mesin dengan membawa panas dari komponen mesin ke radiator.    Oli yang kotor dan kental dapat menghambat kinerja sistem pendinginan, sehingga mesin menjadi lebih panas.   6. Berkontribusi Mengurangi Dampak Lingkungan   Ternyata, oli mesin yang telah terkontaminasi dapat melepaskan lebih banyak emisi dibandingkan dengan oli yang masih bersih.    Hal ini dikarenakan minyak kotor akan lebih mudah terbakar dan sulit menyerap partikel.    Oleh karenanya, mobil yang oli mesinnya jarang diganti cenderung menghasilkan emisi yang parah.  

  Lantas, kapan sebaiknya oli mobil diganti?   Jangka waktu penggantian oli mobil tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis oli, kondisi mesin, dan intensitas penggunaan mobil.    Biasanya, oli mobil perlu diganti setiap 5.000 - 10.000 kilometer. Namun dapat merujuk pada buku panduan pemilik mobil untuk mengetahui interval penggantian oli yang direkomendasikan oleh pabrikan.   Tanda-tanda oli mobil perlu diganti dapat diketahui dari ciri-ciri seperti warna oli berubah menjadi hitam pekat, oli terasa encer dan berbuih, mesin terdengar kasar, performa mesin menurun, dan lampu indikator oli menyala.  

  Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga performa oli mobil.   1. Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil.   2. Periksa level oli secara rutin, minimal setiap satu minggu sekali.   3.Hindari kebiasaan membawa beban berlebih yang dapat membuat mesin bekerja lebih keras.   4. Lakukan servis mobil secara rutin di bengkel terpercaya.   Dengan mengganti oli mobil secara rutin, pemilik mobil dapat menjaga performa dan ketahanan mesin mobil, serta akan memperpanjang masa pakainya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #kapan #mobil #harus #ganti #pahami #tips #menjaga #performa #mobil #agar #memiliki #jangka #pakai #panjang

KOMENTAR