Kumpulan Link Nonton Gerhana Matahari Total 8 April 2024, Lengkap Fakta dan Dampaknya
Ilustrasi Gerhana Matahari Total. [Shutterstock]
11:32
8 April 2024

Kumpulan Link Nonton Gerhana Matahari Total 8 April 2024, Lengkap Fakta dan Dampaknya

Fenomena langit Gerhana Matahari Total akan terjadi pada hari ini, 8 April 2024. Gerhana Matahari Total ini merupakan fenomena langka yang jarang terjadi dan tidak semua wilayah bisa menyaksikannya secara langsung.

Gerhana Matahari Total yang terjadi hari ini, 8 April 2024 hanya bisa disaksikan mereka yang sedang berada di negara tertentu saja. Yakni tiga negara saja, yakni Meksiko, Amerika Serikat dan Kanada saja.

Fenomena langit langka ini dilaporkan hanya akan terjadi dalam 3-4 menit saja bisa. Gerhana Matahari Total 8 April 2024 hanya bisa disaksikan oleh mereka yang sedang berada di tiga negara tersebut.

Sedangkan masyarakat Indonesia tidak bisa menyaksikan langsung. Namun tenang, masyarakat Indonesia masih bisa menyaksikan Gerhana Matahari Total hari ini melalui live streaming.

Jadwal siaran langsung atau live streaming fenomena langka ini akan dimulai pada pukul 13.00 EDT tanggal 8 April 2024 atau 00.00 WIB tanggal 9 April 2024.

Jadwal Gerhana Matahari 8 April 2024

Gerhana Matahari Total 8 April 2024 akan dimulai pada sore hingga malam hari UTC atau sekitar tengah malam kalau format WIB. Penghitungan waktu ini dibagi karena fase Gerhana Matahari memang panjang.

Mengutip Wired, fase Gerhana Matahari Total dimulai dari sebagian dan penuh. Nah fase Gerhana Matahari Total terjadi pada 8 April 2024 pukul 18.17.21 UTC hingga 19.55.35 UTC, alias 9 April 01:17:21 WIB hingga 02:55:35 WIB.

Meskipun Indonesia tidak bisa melihat fenomena Gerhana Matahari Total, kalian bisa melihatnya lewat kanal YouTube NASA, lembaga antariksa Amerika Serikat. Ini bisa ditonton secara gratis.

Link Nonton Gerhana Matahari Total 8 April 2024

Berikut ini ada sejumlah link live streaming untuk menyaksikan fenomena langka Gerhana Matahari Total melalui channel YouTube NASA. Tinggal klik link nonton berikut ini:

Manfaatkan baik-baik kedua link nonton Gerhana Matahari Total, fenomena langka yang terjadi hari ini.

3 Dampak Gerhana Matahari Total Hari Ini

Berikut dampak Gerhana Matahari Total yang akan terjadi di hari ini:

1. Perubahan Suhu

Penurunan radiasi Matahari saat Gerhana juga dapat menyebabkan pendinginan atmosfer bagian atas.

Pendinginan ini dapat mempengaruhi struktur suhu ionosfer, berpotensi menyebabkan perubahan kepadatan dan ketinggian ionosfer.

2. Anomali Ionosfer

Perubahan mendadak pada kondisi ionosfer selama gerhana dapat menyebabkan terbentuknya anomali ionosfer, seperti lubang atau penipisan ionosfer.

Anomali ini dapat mengganggu sinyal radio dan sistem navigasi GPS, sehingga mempengaruhi komunikasi dan navigasi di wilayah yang terkena dampak.

3. Efek Propagasi

Perubahan kondisi ionosfer selama Gerhana dapat mengubah cara gelombang radio merambat melalui ionosfer.

Hal ini dapat menyebabkan pemudaran, penyerapan, dan pembiasan sinyal, sehingga mempengaruhi sistem komunikasi gelombang pendek dan satelit.

Gerhana Matahari memberikan kesempatan unik bagi para peneliti untuk mempelajari ionosfer dan responnya terhadap perubahan radiasi matahari secara tiba-tiba.

Para ilmuwan dapat menggunakan berbagai instrumen, seperti ionosonde, penerima GPS, dan sistem radar, untuk mengukur dan memantau variasi ionosfer selama Gerhana, sehingga membantu meningkatkan pemahaman kita tentang dinamika ionosfer.

Meskipun Gerhana Matahari dapat memberikan dampak nyata pada ionosfer, umumnya bersifat sementara dan terbatas pada wilayah yang mengalami gerhana.

Ionosfer biasanya kembali ke keadaan normal setelah peristiwa Gerhana selesai, dan tingkat radiasi Matahari kembali normal.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #kumpulan #link #nonton #gerhana #matahari #total #april #2024 #lengkap #fakta #dampaknya

KOMENTAR