Kemenhub Prediksi 4.000 Unit Mobil Listrik Bakal Digunakan Masyarakat untuk Mudik Lebaran 2024
Ilustrasi mobil listrik Audi yang setara dengan Q3 akan memasuki pasar pada tahun 2027. (Pixabay)
15:32
4 April 2024

Kemenhub Prediksi 4.000 Unit Mobil Listrik Bakal Digunakan Masyarakat untuk Mudik Lebaran 2024

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) memprediksi ada sekitar 4.000 unit kendaraan listik akan digunakan untuk perjalanan mudik lebaran tahun 2024.   Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Ditjen Hubdat, Yusuf Nugroho mengatakan angka tersebut merupakan 18 persen dari total populasi sebanyak 23.238 unit kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) yang ada di Indonesia.   "Mungkin sekitar 4 ribu kendaraan yang berpotensi untuk melakukan pada mudik lebaran tahun ini," kata Yusuf dalam Konferensi Pers Persiapan SPKLU Menjelang Mudik Lebaran di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Jakarta Pusat, Kamis (4/4).  

  Lebih lanjut, Yusuf memastikan 4.000 mobil listrik yang akan melakukan mudik itu sudah termasuk dengan masyarakat yang akan melakukan perjalanan silaturahmi saat momen lebaran.   Oleh sebab itu, dia menilai penting bagi seluruh pihak untuk menyiapkan SPKLU guna melayani kebutuhan pengecasan para pemudik. Terkait itu, Kemenhub sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak terkait, meliputi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan juga PT PLN (Persero) yang telah menyiapkan kebutuhan tersebut.   "Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada jajaran ESDM dan PLN, bahwa di masing-masing kantor PLN sudah terdapat SPKLU yang siap melayani kendaraan listrik untuk pengecasan," jelasnya.  

  "Artinya kendaraan listrik baterai itu bukan hanya untuk perjalanan luar kota saja, tetapi juga pada silaturahmi pada saat lebaran nantinya," pungkas Yusuf.   Pada kesempatan yang sama, Direktur Retail dan Niaga, PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti mengatakan bahwa saat ini telah tersedia sebanyak 239 unit SPKLU di seluruh rest area.   Lokasinya tersebar di 104 lokasi baik di sleuruh rest area Jalan Tol Trans Jawa - Bali dan juga Trans Sumatera selama periode mudik lebaran 2024. Selain itu, PLN juga menyiapkan 3 unit SPKLU mobile untuk mengantisipasi adanya tumpukan antrean pengisian daya.   "Khusus untuk mudik, kami sudah siapkan di seluruh rest area. Kita sudah memasang 239 unit dengan 104 lokasi. Jadi untuk site A dari Jakarta ke Timur maupun sebaliknya atau site B sudah kami pasang, baik Trans Jawa-Bali dan sumatera," ungkapnya.

 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #kemenhub #prediksi #4000 #unit #mobil #listrik #bakal #digunakan #masyarakat #untuk #mudik #lebaran #2024

KOMENTAR