Kominfo Jamin Sinyal Internet Aman Saat Lebaran 2024, Perkuat Jaringan di Area Padat Penduduk
Ilustrasi Mudik Dengan Sepeda Motor. (unsplash/ambitious rickett)
04:56
4 April 2024

Kominfo Jamin Sinyal Internet Aman Saat Lebaran 2024, Perkuat Jaringan di Area Padat Penduduk

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi memastikan jaringan telekomunikasi tetap aman saat mudik maupun Lebaran 2024. Ia pun sudah berkoordinasi dengan para operator seluler di Indonesia.

Selama momen mudik Lebaran, Budi Arie menyebut kalau jaringan internet akan diperkuat di area padat penduduk maupun titik-titik keramaian.

"Buat lebaran kami sudah koordinasi dgn semua operator seluler untuk titik-titik yang padat penduduk, yang padat mobilisasi itu juga harus diperkuat," ungkapnya saat Buka Puasa Bersama Kemenkominfo dan Media di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Ia menjelaskan, sinyal internet akan diperkuat di titik-titik keramaian seperti stasiun, terminal, bandara, hingga jalur mudik yang akan dilewati kendaraan.

Lebih lagi, lanjutnya, tahun ini adalah tahun mudik terbesar dalam sejarah Indonesia. Diperkirakan 193 juta orang akan mudik ke kampung halamannya tahun ini.

"Kan kita tahu bahwa tahun ini mudik terbesar dalam sejarah Indonesia, 193 juta arus mudik. Ada poskonya juga. Ya kami harapkan mudah-mudahan semuanya mudik lancar, kan tema mudik tahun ini Mudik Ceria Penuh Makna," tandasnya.

Menkominfo Budi Arie Setiadi saat ditemui di Kantor Kominfo, Jakarta, Kamis (14/3/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]Menkominfo Budi Arie Setiadi saat ditemui di Kantor Kominfo, Jakarta, Kamis (14/3/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]

Sebelumnya Budi Arie menyatakan trafik telekomunikasi dan data selama Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah diperkirakan meningkat sekitar 7-20 persen. Ia pun sudah menyiapkan langkah antisipatif untuk mengatasi lonjakan trafik tersebut.

"Kominfo mendorong operator telekomunikasi menyiapkan jaringan telekomunikasi dengan kapasitas yang memadai serta andal,” katanya, dikutip dari siaran pers Kominfo pada 19 Maret 2024 lalu.

Menkominfo sudah menyiapkan beberapa langkah antisipasi yang dilaksanakan bersama operator seluler. Pertama, mereka akan mengoptimalkan kualitas dan kapasitas jaringan internet.

"Kedua, melakukan peningkatan kapasitas jaringan internet. Ketiga, pengukuran drive test di jalur mudik, serta yang keempat yaitu pengadaan Posko Mudik atau personel siaga command center dan call center selama 24 jam selama tujuh hari,” beber dia.

Dilanjutkan dia, pemantauan melalui Pusat Monitoring Telekomunikasi Pos dan Penyiaran (PMT), serta pengukuran Quality of Service dilakukan di lokasi strategis.

Selain itu, untuk menjaga kelancaran jaringan telekomunikasi sepanjang musim mudik dan balik lebaran, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo melakukan pengukuran kualitas jaringan telekomunikasi.

“Utamanya seperti di area terminal, stasiun, pelabuhan dan bandar udara. Belum lagi pergerakan sepanjang jalur mudik membutuhkan kapasitas jaringan telekomunikasi yang andal,” sambungnya.

Kementerian Kominfo mendorong penyelenggara layanan telekomunikasi untuk menyiapkan command center dan call center.

“Jadi kalau ada keluhan mengenai gangguan jaringan internet, masyarakat juga bisa menyampaikan ke call center atau command center yang sudah dibangun oleh operator telekomunikasi baik itu operator seluler maupun penyedia fixed broadband,” tandasnya.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #kominfo #jamin #sinyal #internet #aman #saat #lebaran #2024 #perkuat #jaringan #area #padat #penduduk

KOMENTAR