Tetangga Numpang WiFi? Begini Cara Mengubah Kata Sandi Router
Ilustrasi WiFi. [Dreamlike Street/Unsplash]
08:16
1 April 2024

Tetangga Numpang WiFi? Begini Cara Mengubah Kata Sandi Router

Menetapkan kata sandi pada router WiFi sangat penting untuk menjaganya tetap aman, karena router yang tidak terlindungi dapat dengan mudah menjadi sasaran peretas atau dihambat oleh tetangga yang memanfaatkan akses gratis tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk mengubah kata sandi default router. Kata sandi WiFi yang baik terdiri dari string alfanumerik panjang yang tidak mudah ditebak.

Untungnya, mengubah kata sandi router WiFi adalah proses yang cukup mudah. Berikut ini panduan lengkapnya:

1. Temukan dan masuk ke aplikasi router

Router saat ini biasanya menawarkan opsi manajemen melalui aplikasi yang dapat digunakan untuk mengontrol pengaturan dan mengubah kata sandi WiFi.

Pastikan pengguna telah mengunduh aplikasi router yang benar di perangkat dan masuk menggunakan kata sandi administratif.

Aplikasi router secara alami akan berbeda dalam hal antarmuka pengguna. Namun, sebagian besar memiliki tata letak yang sama.

2. Pilih pengaturan WiFi

Setelah masuk, aplikasi akan mendeteksi router dan perangkat yang terhubung, yang mungkin memerlukan waktu beberapa menit. Ini kemudian akan membawa pengguna ke layar beranda, di mana pengguna akan melihat berbagai kategori. Gulir ke bawah sampai pengguna melihat pengaturan WiFi.

Ilustrasi Wifi (Pixabay)Ilustrasi Wifi (Pixabay)

3. Pilih jaringan WiFi

Pilih jaringan WiFi yang ingin diubah. Pengguna disarankan untuk memilih band standar 2.4Ghz untuk memulai.

4. Pilih kata sandi WiFi

Pengguna sekarang akan melihat nama band WiFi tertentu dan kata sandinya saat ini di bawah. Cukup pilih kata sandi dan ketik kata sandi baru untuk melakukan perubahan.

Umumnya, kata sandi memiliki ikon kecil berbentuk mata di sebelah kanan. Mengklik ikon tersebut akan memungkinkan pengguna melihat karakter kata sandi WiFi, yang sangat berguna ketika pengguna memasukkan kata sandi baru.

Setelah selesai, pilih Save untuk menyelesaikan perubahan. Setelah pengguna memiliki kata sandi WiFi baru, pengguna perlu melakukan dua hal penting.

Pertama, catat kata sandi tersebut di pengelola kata sandi atau tempat aman serupa. Kedua, pastikan pengguna memperbarui semua perangkat pintar, smart TV, perangkat seluler, konsol game, dan apa pun di jaringan WiFi pengguna dengan kata sandi baru.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna kini bisa mengubah kata sandi router WiFi dengan mudah.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #tetangga #numpang #wifi #begini #cara #mengubah #kata #sandi #router

KOMENTAR