Harga Chip AI Baru Nvidia Tembus Rp 600 Jutaan
Logo Nvidia. [dok. Nvidia]
11:16
21 Maret 2024

Harga Chip AI Baru Nvidia Tembus Rp 600 Jutaan

Nvidia baru saja meluncurkan prosesor grafis untuk teknologi kecerdasan buatan (AI) yang diberi nama Blackwell. Diklaim sebagai yang terkencang di dunia, chip ini akan dijual dengan harga Rp 600 jutaan.

CEO Nvidia Jansen Huang menyatakan kalau harga chip Blackwell akan berkisar 30.000 hingga 40.000 Dolar AS atau sekitar Rp 469 juta hingga Rp 626 jutaan. Ada beberapa alasan kenapa dia menjual GPU itu dengan harga tinggi.

"Kami harus menemukan beberapa teknologi baru untuk mewujudkannya," kata Huang, dikutip dari CNBC, Kamis (21/3/2024).

Dia memperkirakan kalau Nvidia memerlukan biaya sekitar 10 miliar Dolar AS atau sekitar Rp 156 triliun untuk biaya penelitian dan pengembangan chip AI tersebut.

Kendati begitu Huang mengakui kalau biaya itu bukan hanya pada chip tetapi juga pada perancangan pusat data dan integrasi ke pusat data perusahaan lain.

Nvidia sendiri memang mengumumkan chip AI generasi baru tiap dua tahun. Untuk Blackwell yang baru dirilis, GPU ini diklaim lebih cepat dan efisien ketimbang generasi sebelumnya.

Chip AI ini juga mendorong penjualan Nvidia periode hingga tiga kali lipat sejak tren AI dimulai di akhir tahun 2022, yang juga bersamaan dengan pengumuman ChatGPT.

Prosesor AI sebelum Blackwell, H100 atau yang dikenal sebagai Hopper, sudah dipakai banyak perusahaan maupun pengembang AI dalam setahun terakhir.

Salah satu perusahaan yang memanfaatkan GPU itu adalah Meta, yang dikabarkan telah membeli ratusan ribu chip H100 Nvidia.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #harga #chip #baru #nvidia #tembus #jutaan

KOMENTAR