Semua Samsung Galaxy S25 Disebut Pakai Exynos, Bye Qualcomm?
Samsung Galaxy S24, Galaxy S24+, dan Galaxy S24 Ultra resmi dikenalkan ke Indonesia pada Kamis (18/1/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]
07:00
20 Maret 2024

Semua Samsung Galaxy S25 Disebut Pakai Exynos, Bye Qualcomm?

Samsung dilaporkan mau meninggalkan ketergantungannya dengan prosesor Qualcomm. Perusahaan asal Korea Selatan ini ingin memprioritaskan chipset buatannya sendiri, Exynos.

Keputusan Samsung untuk memprioritaskan chip Exynos dikarenakan untuk menghemat anggaran, sebagaimana dilaporkan dari Gizchina, Selasa (19/3/2024).

Dalam laporan keuangan perusahaan, Samsung menghabiskan biaya hampir 9 miliar Dolar AS atau sekitar Rp 141 triliun hanya untuk prosesor ponsel. Beralih ke Exynos menjadi upaya menghemat anggaran di tahun 2024 ini.

Samsung sendiri memiliki sejarah panjang terkait kerjasamanya dengan Qualcomm. Ponsel premium mereka, yakni HP Samsung seri S, biasanya menggunakan chipset Snapdragon.

Tapi beberapa kali Samsung merilisnya dalam versi Exynos untuk negara-negara tertentu.

Di peluncuran Samsung Galaxy S23 tahun lalu misalnya, baik model biasa hingga Ultra full menggunakan Snapdragon. Lalu di Samsung Galaxy S24, mereka hanya memakai prosesor Qualcomm di varian S24 Ultra.

Dari rekam jejaknya, ketergantungan Samsung dengan prosesor Qualcomm di HP premium (flagship) dan MediaTek di ponsel kelas menengah (mid-range) atau bawah (entry level) pun berpengaruh pada menurunnya penggunaan Exynos.

Pada kuartal empat (Q4) 2023, Samsung hanya berhasil mengirimkan 13 juta unit smartphone yang diperkuat Exynos. Angka ini turun 48 persen dari periode yang sama di tahun 2022.

Penurunan ini juga berakibat pada anjloknya pendapatan divisi Exynos sebesar 44 persen.

Untuk menaikkan lagi tren Exynos, rumor menyebut kalau Samsung Galaxy S25 bakal full menggunakan prosesor tersebut. Ini juga sejalan dengan peluncuran Galaxy A35 5G dan A55 5G yang memakai prosesor serupa.

Di sisi lain, prosesor Exynos Samsung memang tidak sekuat Snapdragon Qualcomm. Maka dari itu mereka kemungkinan bakal investasi besar-besaran untuk mengembangkan chipset Exynos demi menyaingi Qualcomm.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #semua #samsung #galaxy #disebut #pakai #exynos #qualcomm

KOMENTAR