Lakuin Hal ini! 5 Cara Ampuh Jaga Battery Health iPhone agar Tidak Mudah Drop
Produk Apple Iphone. (freepik)
19:28
17 Maret 2024

Lakuin Hal ini! 5 Cara Ampuh Jaga Battery Health iPhone agar Tidak Mudah Drop

Battery health merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Apple bagi para user agar dapat mengetahui bagaimana kondisi dari battery iPhone yang digunakan.

Fitur battery health pertama kali dirilis oleh iPhone pada iOS 11.3 dengan alasan menurunnya peforma iPhone selama digunakan.

Untuk melihat kapasitas battery health pada iOS 11.3 dapat ditemukan di Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Di iOS 16.1 atau versi yang lebih baru, fitur ini tersedia di Pengaturan > Baterai > Kesehatan & Pengisian Daya Baterai.

Bagi para pengguna iPhone, battery adalah komponen yang sangat penting karena kualitas battery health yang masi bagus dapat digunakan dalam jangka waktu yang optimal. Sebaliknya, jika Kesehatan baterai menurun maka akan mempengaruhi kinerja pada perangkat.

Meski akan menurun seiring pemakaian, pengguna harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan battery iPhone agar tidak turun drastis.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak cara ampuh merawat battery health agar tetap stabil.

1. Hindari Suhu Lingkungan yang Ekstrem

Sangat dianjurkan untuk menghindari perangkat dari paparan suhu ekstrem yang melebihi 35° C, karena akan menyebabkan rusaknya kapasitas baterai secara permanen.

iPhone disusun agar beroperasi dengan optimal di suhu kisaran dari 16° hingga 22° C sebagai zona nyaman yang ideal.

Bukan hanya itu, memainkan iPhone seperti, bermain game, scrolling TikTok dan aktivitas berat lainnya ketika dalam keadaan dicharge juga dapat menyebabkan pemanasan yang tidak normal di bodi iPhone.

 

2. Saat Pengisian Daya, Lepaskan Case iPhone

Pengguna sangat diajurkan untuk melepas case saat melakukan pengisian daya. Mengapa demikian? memiliki casing dengan bahan yang tebal akan mempengaruhi suhu ketika pengisian daya.

Menumpuknya suhu panas berlebih inilah yang akan terjadi apabila hal tersebut dilakukan dan akhirnya membuat battery health turun drastis.

3. Lakukan Pengisian Daya Sebelum iPhone Mati

Sebaiknya jangan tunggu sampai iPhone mati, lakukan pengisian daya bahkan ketika saat menunjukkan 30 persen.

Jika terlalu sering melakukan pengisian daya dalam jumlah yang sedikit, akan mempengaruhi penurunan pada kesehatan baterai.

4. Aktifkan opsi Optimized Battery Charging

Untuk mengurangi penuaan baterai, iPhone mempelajari rutinitas pengisian daya harian pengguna, sehingga dapat menyelesaikan pengisian daya melebihi 80% hingga saat perlu untuk digunakan.

Pada versi iOS 13 dan yang lebih baru, iPhone membuat fitur yang dapat memungkinkan pengisian daya terhenti di 80 persen secara otomatis, saat terdeteksi aktivitas yang membuat temperatur iPhone meningkat.

Bertujuan untuk menghindarkan iPhone terkena tegangan listrik yang tinggi, dan akan secara bertahap meningkat saat mengisi daya hingga penuh 100 persen.

5. Stop Pakai Adaptor dan Kabel Cas Abal-Abal

Terkesan simple tetapi banyak orang yang menyepelekan hal ini. Satu hal terakhir yang bisa dilakukan untuk merawat battery health iPhone adalah dengan menggunakan adaptor dan kabel cas yang original, atau yang sudah terverifikasi MFI.

Untuk dapat menjamin arus dan daya listrik yang masuk selalu stabil dan sesuai dengan spesifikasi iPhone.

Itulah 5 cara ampuh yang dapat dilakukan untuk menjaga battery health pada iPhone agar tidak mudah turun. Dengan begitu, akan memperpanjang masa pakai baterai dan mengoptimalkan kinerja perangkat.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #lakuin #cara #ampuh #jaga #battery #health #iphone #agar #tidak #mudah #drop

KOMENTAR