WiFi Dibobol? Ini Cara Mengetahui dan Mengatasi Pencuri WiFi!
Ilustrasi Jaringan WiFi. (Pixabay)
14:32
14 Maret 2024

WiFi Dibobol? Ini Cara Mengetahui dan Mengatasi Pencuri WiFi!

Ada banyak kemungkinan alasan di balik koneksi internet yang lambat, tetapi jika pengguna merasa seseorang mencuri WiFi, maka pengguna harus mengetahui cara mengonfirmasi dan menghentikan pencuri WiFi agar tidak terjadi lagi. 

Selama pengguna memiliki alamat kontrol akses media (MAC), pengguna dapat menentukan apakah seseorang mencuri WiFi atau tidak. Begini caranya:

1. Coba matikan dan hidupkan lagi

Jika pengguna hanya memiliki beberapa perangkat WiFi di rumah, pengguna dapat mematikan semuanya lalu melihat lampu sinyal nirkabel di router. Jika lampu terus berkedip, berarti ada orang lain yang menggunakan WiFi tanpa izin.

2. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Sejumlah aplikasi tersedia untuk menyediakan pencarian otomatis untuk perangkat yang menggunakan WiFi tanpa izin. Berikut beberapa aplikasi yang dapat membantu pengguna menemukan masalah:

  • Wi-Fi Thief Detector: Sesuai namanya, aplikasi ini akan menunjukkan berapa banyak perangkat yang ada di router, membantu pengguna mengenali perangkat yang bukan milik pengguna, dan menghubungkan pengguna dengan pengaturan router sehingga pengguna dapat dengan cepat melakukan perubahan yang diperlukan untuk melindungi router.
  • Paessler PRTG Network Monitor: Ini adalah alat manajemen router, termasuk deteksi otomatis penggunaan perangkat mencurigakan, analisis cara jaringan digunakan, dan alat mendalam lainnya. 
    Wireless Network Watcher: Perangkat lunak independen ini dirancang untuk membantu pengguna Windows memantau semua perangkat yang terhubung saat ini.
Ilustrasi WiFi, jaringan internet. (Shutterstock)Ilustrasi WiFi. (Shutterstock)

3. Periksa log administrator

Jika pengguna mencurigai seseorang mencuri WiFi, pengguna dapat memeriksanya dengan masuk ke halaman administrasi router. Sebagian besar pengguna dapat melakukan ini dengan mengetik 192.168.1.1 atau 192.168.2.1 pada bilah alamat pencarian.

Setelah pengguna mengakses halaman admin, pengguna harus mencari halaman yang mencantumkan berbagai alamat MAC yang terhubung ke komputer.

Lokasi halaman ini akan berbeda tergantung pada router, tetapi pengguna mungkin menemukannya di Wireless Configuration, Wireless Status, atau dalam daftar Klien DHCP.  Pengguna dapat menggunakan daftar ini untuk menghitung berapa banyak perangkat yang terhubung ke internet. 

Jika pengguna melihat enam alamat MAC, namun pengguna sebenarnya hanya memiliki empat perangkat di rumah, maka seseorang mungkin mencuri WiFi tanpa izin.

Itulah cara yang dapat pengguna lakukan untuk melacak apakah seseorang mencuri konektivitas WiFi.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #wifi #dibobol #cara #mengetahui #mengatasi #pencuri #wifi

KOMENTAR