Aplikasi Al Quran untuk Mengaji Selama Bulan Ramadhan 2024
Aplikasi Al Quran untuk Mengaji Selama Bulan Ramadhan 2024. [Suara.com]
11:16
13 Maret 2024

Aplikasi Al Quran untuk Mengaji Selama Bulan Ramadhan 2024

Cek beberapa rekomendasi aplikasi Al Quran untuk mengaji selama bulan Ramadhan 2024. Aplikasi-aplikasi berikut ini bisa Anda download secara gratis.

Bulan Ramadhan 2024 sudah dimulai. Selama sebulan ke depan, umat muslim akan saling berlomba untuk memanen pahala di bulan yang penuh berkah ini.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tadarus dan membaca Al Quran. Dewasa ini, membaca Al Quran tidak melulu dilakukan dengan Al Quran fisik.

Sebab beberapa developer alias penggembang sudah banyak yang membuat Al Quran digital yang bisa didownload di smartphone dan dibaca kapanpun mereka mau.

Tak dapat dipungkiri bahwa ada banyak sekali aplikasi Al Quran gratis yang bisa didownload do AppStore atau Play Store. Namun jika Anda tidak teliti, beberapa aplikasi hanya akan menyediakan banyak iklan.

Nah buat Anda yang sedang cari rekomendasi aplikasi baca Al Quran terbaik, berikut adalah rekomendasi Suara.com

Aplikasi Al Quran untuk Mengaji Selama Bulan Ramadhan 2024

1. Al Quran Indonesia

Aplikasi pertama yang bisa Anda download adalah Al Quran Indonesia. Aplikasi ini memberikan terjemahan Al Quran ke dalam tiga bahasa yakni Indonesia, Melayu dan Inggris.

Bukan hanya akan memanjakan Anda ketika membaca Al Quran, aplikasi Al Quran Indonesia ini juga menyediakan berbagai fitur keren lainnya.

Beberapa di antaranya adalah jadwal sholat, arah kiblat, bacaan doa, jadwal imsak dan banyak lainnya. 

Al Quran Indonesia. [Google Play Store]Al Quran Indonesia. [Google Play Store]

2. Al Quran Tafsir per Kata

Sesuai dengan namanya, aplikasi bernama Al Quran Tafsir per Kata ini bisa dimanfaatkan oleh Anda yang ingin memahami dan bukan sekadar belajar Al Quran.

Aplikasi ini memiliki fitur-fitur berguna, seperti rekaman audio untuk setiap ayat yang bisa diputar berulang kali, tafsir Ibnu Katsir, aturan Tajwid yang diberi warna, terjemahan, dan penjelasan kata per kata, indeks Al Quran, catatan dan penanda buku, dan fitur-fitur tambahan lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, proses belajar Al Quran yang Anda lakukan selama bulan Ramadan akan lebih mudah.

3. NU Online

NU Online merupakan aplikasi yang telah dikembangkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Karena berada di bawah naungan lembaga besar, maka Anda benar-benar bisa memanfaatkan aplikasi yang satu ini untuk belajar berbagai hal tentang Islam.

Pertama jelas, aplikasi ini menyediakan fitur Al Quran online yang bisa Anda baca di manapun dan kapanpun.

Selain itu, aplikasi NU Online juga menyediakan fitur terjemahan, bacaan doa, ayat-ayat penting, jadwal sholat, jadwal imsak hingga jadwal buka puasa.

4. Ayat - Al Quran

Ayat - Al Quran merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh King Saudi University. Jadi Anda sudah tidak perlu lagi meragukan bagaimana kualitas isi dan konten di aplikasi ini.

Aplikasi Ayat - Al Quran menyajikan beberapa fitur, termasuk kemampuan untuk melihat salinan asli dicetak Mosshaf dalam bentuk yang lembut (soft).

Selain itu Ayat - Al Quran juga menyediakan salinan dari Mosshaf Al-Madina, Mosshaf Al-Tajwid yang diberi warna sesuai aturan Tajwid, dan Mosshaf Warsh (Rewayat Warsh An-Nafei ').

5. Muslim Pro Ramadhan 2024

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi bernama Muslim Pro Ramadhan 2024 untuk menemani aktivitas ibadah Anda selama bulan Ramadhan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan tahu jadwal sholat di berbagai daerah, jadwal imsak, jadwal buka dan yang terpenting adalah berbagai bacaan penting untuk menunjang ibadah Anda.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi Al Quran untuk mengaji selama bulan Ramadan 2024. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Damai Lestari 

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #aplikasi #quran #untuk #mengaji #selama #bulan #ramadhan #2024

KOMENTAR