Penyebab Setir Berat Saat Berkendara Ternyata Ini Penyebabnya
Interior mobil listrik Neta V. [Istimewa]
06:28
13 Januari 2024

Penyebab Setir Berat Saat Berkendara Ternyata Ini Penyebabnya

- Pernah mengalami kondisi setir berat saat berkendara?. Hal ini bisa menjadi masalah yang mengganggu dan berbahaya karena bisa menyulitkan saat mengendalikan mobil dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengemudi.

Maka penting bagi pemilik mobil mengetahui apa saja penyebab setir mobil berat. Namun mumnya kondisi mobil yang telah termakan usia dan jarang diservis berkontribusi besar terhadap kerusakan komponen mobil, termasuk kondisi setir mobil.

Ada beberapa penyebab umum stir mobil terasa berat dan memberikan beberapa tips mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Setir Mobil Berat

Umumnya kerusakan pada power steering mobil dapat menyebabkan setir mobil tiba-tiba terasa berat. Namun masalahnya tidak selalu sama alias penyebabnya bisa saja berasal dari bagian lainnya. Berikut ulasannya.

Ban Mobil Kempes

Walaupun letak ban lumayan jauh dari sistem kemudi mobil, bagian ini masih dalam satu sistem yang sama dengan power steering. Maka apabila ban kendaraan mengalami masalah, sangat mungkin ia akan jadi penyebab setir mobil berat. 

Contohnya saat ban mobil kempes yang disebabkan tekanan angin berkurang. Anda akan merasakan power steering jadi lebih berat dan susah dikontrol. 

Untuk menghindari risiko fatal setir kemudi berat, periksa tekanan angin dalam ban secara berkala. Apabila habis, tambahkan sesuai dengan tekanan yang dianjurkan. 

Oli Power Steering Habis

Agar bisa berputar dan bergerak sempurna, kemudi mobil membutuhkan oli sebagai pelumasnya. Namun, andaikan oli bagian power steering ini berkurang hingga habis, maka bisa dipastikan hal tersebut jadi penyebab setir mobil berat.

Kondisi ini dapat terjadi sebab tidak akan ada cukup tekanan hidrolik untuk membantu meringankan putaran setir. Efeknya, kemudi makin berat dan sulit digerakkan. Untuk memastikan bahwa penyebab kemudi berat adalah berkurangnya jumlah oli, cek bagian tabung reservoir oli di dalam ruang mesin. 

Pompa Oli Power Steering Mampet

Bila masih terdapat banyak oli power steering dalam tangki, namun stir mobil dirasa berat, maka kemungkinan penyebabnya adalah pompa oli. Pompa oli yang tidak bekerja optimal dapat menghambat sirkulasi oli.

Hal berikutnya yang terjadi adalah tekanan hidrolik oli ke power steering rack pun berkurang sehingga bagian setir berat. 

Biasanya, penyebab kurang optimalnya kerja pompa oli adalah adanya bagian yang mampet. Sumbatan pada pompa terjadi karena oli jarang diganti sehingga kotor atau pernah menggunakan oli yang tidak sesuai rekomendasi. 

Oleh sebab itu, pastikan rutin mengganti oli power steering dengan oli berkualitas untuk menjaga performa kendaraan.

Power Steering Belt Rusak

Komponen lain pada steering belt yang bisa jadi penyebab setir mobil berat adalah belt atau kipas pemutar. Fungsinya untuk memutar pompa oli supaya dapat menghasilkan tekanan hidrolik.

Bila belt ini mengalami kerusakan, misalnya putus, maka otomatis pompa oli power steering tidak dapat berputar. Efeknya, sistem kemudi kehilangan tekanan dan membuatnya jauh lebih berat daripada saat kondisi normal.

Rack Steer Terkendala 

Peran rack steer adalah sebagai penghubung antara setir dengan bagian kaki-kaki mobil. Bagian ini menjaga kemudi tetap stabil dan mudah digerakkan. 

Akan tetapi, komponen mobil ini sangat mudah longgar dan bermasalah ketika mobil dipakai “menghajar” jalanan berlubang. Seiring waktu, ia akan aus dan tak dapat dipakai kembali.

Salah satu tanda rack steer mobil mengalami kerusakan adalah kemudi yang terasa lebih berat dari biasanya. Saat kemudi lebih sulit dikontrol, itu berarti rack steer longgar. Anda dapat melakukan pengaturan ulang atau penggantian dengan komponen baru agar kemudi kembali stabil. 

Mengatasi Penyebab Setir Mobil Berat

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebab setir mobil menjadi berat, berikut sejumlah langkah yang bisa dilakukan secara mandiri

1. Cek Tekanan Ban

Pastikan tekanan ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tekanan angin ban yang kurang atau berlebih dapat memengaruhi kenyamanan dan pengendalian setir.

2. Periksa Sistem Suspensi

Suspensi yang aus atau bermasalah dapat menyebabkan setir terasa berat. Lakukan pemeriksaan pada komponen-komponen suspensi seperti per, per dan shock absorber.

3. Periksa Cairan Power Steering

Pastikan level dan kondisi cairan power steering dalam keadaan baik. Cairan yang kurang atau tercemar dapat mempengaruhi kemudahan mengemudi.

4. Pengecekan Roda yang Tidak Sejajar (Toe Misalignment)

Roda yang tidak sejajar dapat menyebabkan gesekan berlebih pada setiap roda dan membuat setir terasa berat. Lakukan pengecekan dan penyetelan sejajar roda jika diperlukan.

5. Kunjungi Bengkel

Dengan melakukan servis rutin, Anda telah mengurangi potensi kerusakan pada komponen mobil kesayangan Anda, termasuk mengetahui penyebab utama kenapa setir mobil Anda terasa berat saat dikendarai.

Namun jika sudah terlanjur ada masalah, maka segera kunjungi bengkel resmi

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #penyebab #setir #berat #saat #berkendara #ternyata #penyebabnya

KOMENTAR