5 Masalah yang Sering Terjadi di iPhone 15 dan Cara Memperbaikinya
iPhone 15 Pro Max. [Unsplash/Amanz]
11:32
9 Maret 2024

5 Masalah yang Sering Terjadi di iPhone 15 dan Cara Memperbaikinya

Seri iPhone 15 menghadirkan banyak peningkatan dibandingkan pendahulunya. Sayangnya, sama seperti smartphone baru lainnya, seri iPhone 15 memiliki banyak gangguan.

Meskipun Apple telah melakukan perbaikan untuk mengatasi beberapa bug yang lebih umum, masih ada masalah yang dihadapi pengguna.

Berikut ini beberapa masalah umum iPhone 15 dan cara memperbaikinya:

1. Masalah pengisian daya

Salah satu masalah paling umum yang dihadapi pengguna iPhone 15 saat ini berkaitan dengan pengisian daya. Masalahnya berkisar dari pengisian daya yang lambat atau reboot secara random saat mengisi daya hingga ponsel tidak mengisi daya sama sekali.

Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan. Hal pertama yang harus dicoba jika iPhone tidak dapat mengisi daya adalah memulai ulang secara paksa jika reboot sederhana tidak menyelesaikan masalah.

2. Masalah WiFi

Semakin banyak pengguna iPhone 15 yang mengeluhkan masalah WiFi. Masalahnya berkisar dari kecepatan WiFi yang lambat hingga ponsel yang menunjukkan kesalahan "tidak ada koneksi jaringan".

Solusi yang bisa dilakukan adalah memulai ulang atau mematikan dan menghidupkan WiFi untuk sementara.

Beberapa pengguna mengatakan bahwa fitur Private Relay iCloud tampaknya memperlambat kecepatan WiFi secara drastis. Private Relay berfungsi seperti VPN dan merutekan lalu lintas internet melalui dua relai terpisah untuk mengenkripsi lalu lintas dan menyembunyikan alamat IP.

Apple mengatakan sedang memperbaiki masalah koneksi jaringan dan akan tersedia dengan pembaruan iOS 17.2. Sampai saat itu tiba, pengguna dapat mencoba perbaikan umum seperti memulai ulang perangkat dan router serta membersihkan cache.

3. Pemberitahuan terus-menerus

Beberapa pengguna mengatakan bahwa peringatan notifikasi cenderung tetap ada bahkan setelah membaca pesan atau email atau memeriksa log panggilan untuk panggilan tidak terjawab dan pesan suara.

Jika pengguna mengalami hal ini, buka Settings > Notifications > kemudian matikan notifikasi untuk aplikasi yang berkaitan.

Setelah itu, nyalakan ulang ponsel dan aktifkan kembali notifikasi aplikasi. Pemberitahuan yang terus-menerus akan hilang.

Ilustrasi iPhone. [Daniel Romero/Unsplash]Ilustrasi iPhone. [Daniel Romero/Unsplash]

4. Tidak dapat mengatur Face ID

Beberapa pengguna mengatakan tidak dapat menemukan opsi Face ID dan Passcode di menu Settings.

Jika hal ini terjadi, ini bukanlah bug tetapi kesalahan pengaturan. Buka Settings > Screen Time > Content and Privacy Restrictions > Passcode. Jika ini diaktifkan dan disetel ke opsi "Don’t allow", maka pengguna tidak akan dapat mengakses Face ID. Oleh karena itu, ubah pengaturan ke opsi "Allow" atau hapus batasan apa pun untuk mendapatkan kembali fitur keamanan.

5. Bingkai berubah warna pada iPhone 15 Pro dan Pro Max

iPhone 15 Pro dan Pro Max hadir dengan bingkai titanium baru. Pengguna melaporkan bahwa bingkai tersebut merupakan magnet sidik jari yang sangat besar dan bahkan beberapa pengguna lain juga melihat adanya perubahan warna setelah beberapa minggu penggunaan.

Apple mengatakan bahwa minyak dari kulit pengguna mungkin menjadi penyebab bingkai berubah warna untuk sementara. Pihak Apple menyarankan untuk membersihkan ponsel dengan kain lembut, sedikit lembab, dan tidak berbulu untuk mengembalikan warna normal.

Itulah beberapa masalah umum yang sering ditemukan di iPhone 15 dan cara mengatasinya.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #masalah #yang #sering #terjadi #iphone #cara #memperbaikinya

KOMENTAR