Buka Google Sekarang, Ada Doodle Bertema Hari Perempuan Internasional
Google Doodle Hari Perempuan Internasional. (Google).
09:32
8 Maret 2024

Buka Google Sekarang, Ada Doodle Bertema Hari Perempuan Internasional

Buka Google sekarang! Hari ini, Jumat (8/3), Google ikut merayakan International Women's Day (IWD) atau Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari ini lewat doodle perempuan yang muncul di halaman awal pencarian.   Coretqn doodle tersebut memperlihatkan gambar tiga perempuanndari ras dan usia yang berbeda. Ketiganya tampak berkumpul bersama di balik selimut warna-warni yang memiliki huruf Google secara acak.   Ada perempuan yang paling tua di bagian atas tampak memegang buku, sementara dua perempuan lainnya terlihat menyimak. Ada pula seekor kucing oranye berada di tengah mereka.  

  Doodle ini merayakan Hari Perempuan Internasional dan semua kemajuan yang telah dicapai menuju kesetaraan gender. Pada hari ini di tahun 1975, PBB merayakan Hari Perempuan Internasional (IWD) untuk pertama kalinya.   Dirangkum dari laman resminya, Doodle ini diilustrasikan oleh seniman Doodle, Sophie Diao.    "Hari Perempuan Internasional Doodle menyoroti sekelompok perempuan yang berbagi kebijaksanaan lintas generasi dalam selimut, disulam dengan simbol kemajuan yang dibuat selama bertahun-tahun," catat Google terkait doodle Hari Perempuan Internasional.   

  Terkait sejarahnya, Hari Perempuan Internasional telah diperingati sejak awal tahun 1900-an, masa ekspansi besar-besaran dan turbulensi di negara-negara industri yang ditandai dengan pesatnya pertumbuhan populasi dan munculnya ideologi radikal.   Kerusuhan besar dan perdebatan kritis terjadi di kalangan perempuan. Penindasan dan kesenjangan yang dialami perempuan memacu perempuan untuk lebih vokal dan aktif mengkampanyekan perubahan. Kemudian pada tahun 1908, 15.000 perempuan melakukan demonstrasi di New York City menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik, dan hak memilih.   Sesuai dengan deklarasi Partai Sosialis Amerika, Hari Perempuan Nasional (NWD) pertama diperingati di seluruh Amerika Serikat pada tanggal 28 Februari. Saat itu para perempuan terus merayakan NWD pada hari Minggu terakhir bulan Februari hingga tahun 1913.  

  Pada tahun 1910 Konferensi Internasional Perempuan Pekerja yang kedua diadakan di Kopenhagen. Seorang wanita bernama Clara Zetkin (Pimpinan 'Kantor Perempuan' Partai Sosial Demokrat di Jerman) mengemukakan gagasan tentang Hari Perempuan Internasional.    Ia mengusulkan agar setiap tahun di setiap negara diadakan perayaan di hari yang sama – Hari Perempuan – untuk mendesakkan tuntutan mereka. Konferensi yang dihadiri lebih dari 100 perempuan dari 17 negara, yang mewakili serikat pekerja, partai sosialis, klub perempuan pekerja dan termasuk tiga perempuan pertama yang terpilih menjadi anggota parlemen Finlandia, menyambut saran Zetkin dengan persetujuan bulat dan dengan demikian Hari Perempuan Internasional adalah hasilnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #buka #google #sekarang #doodle #bertema #hari #perempuan #internasional

KOMENTAR