Sering Menimpa Pemilik Yamaha Nmax, Aerox dan Honda Vario atau PCX, Apa Itu Sunburn pada Speedometer?
Speedometer Honda Vario mengalami sunburn. (Honda Community)
11:36
28 Oktober 2024

Sering Menimpa Pemilik Yamaha Nmax, Aerox dan Honda Vario atau PCX, Apa Itu Sunburn pada Speedometer?

– Beda dengan dulu, kebanyakan sepeda motor saat ini hadir dengan speedometer sebagai penunjuk kecepatan dan panel instrumen dalam bentuk digital.

Tidak lagi menggunakan jarum dan angka-angka atau simbol-simbol tertulis atau gambar, semua informasi terkait kecepatan, sisa BBM, suhu dan lainnya sekarang disatukan dalam sebuah layar dengan format digital.

Memang canggih. Namun, speedometer digital pada sepeda motor, terutama skuter matic atau skutik kebanyakan saat ini, punya kekurangan. Speedometer digital punya kelemahan dari sisi durabilitasnya.

Speedometer digital tidak boleh terlalu lama atau sering diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Hal itu dikhawatirkan dapat merusak kelistrikan pada sistem digitalnya itu. 

Masalah lain yang bisa timbul adalah speedometer mengalami sunburn atau terbakar sinar matahari. Efeknya, layar jadi seolah gosong. Hal tersebut membuat informasi tidak bisa ditampilkan atau sebagian hilang karena layar yang gosong tadi.

Tanda dari sunburn speedometer adalah menghilangnya angka-angka atau apapun yang ditampilkan secara digital di panel speedometer motor tersebut. Hal itu disebabkan salah satu filter pada lapisan LCD yang disebut polarizernya terbakar karena panas sinar matahari.

Dengan terbakar dan rusaknya lapisan polarizer atau polaris tersebut, maka peranti itu tidak dapat menampilkan segala sesuatu secara digital pada layar panel.

Hal ini sering sekali dijumpai pada sepeda motor Yamaha Aerox maupun Nmax. Bahkan Honda Vario dan PCX keluaran terbaru juga gampang mengalami sunburn pada speedometer-nya. 

Apakah efeknya selalu karena paparan sinar matahari langsung? Bisa jadi iya. Tapi penyebab sunburn pada sepeda motor tergantung seberapa lama atau seberapa sering sepeda motor yang bersangkutan berada di bawah sinar matahari. 

Apabila hanya maksimal satu jam saja, ada kemungkinan tidak ada pengaruh yang signifikan. Akan tetapi, akan menjadi punya efek ketika anda meletakkan motor dengan speedometer digital di bawah sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama dan secara terus menerus atau setiap hari. Itu dapat membuat komponennya menjadi rusak.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #sering #menimpa #pemilik #yamaha #nmax #aerox #honda #vario #atau #sunburn #pada #speedometer

KOMENTAR