Nintendo Switch 2 Diprediksi Tak Jadi Rilis 2024, Ini Berbagai Penyebabnya
Nintendo Switch OLED. [Nintendo]
08:16
27 Februari 2024

Nintendo Switch 2 Diprediksi Tak Jadi Rilis 2024, Ini Berbagai Penyebabnya

Laporan dari firma riset beberapa waktu lalu mengklaim bahwa konsol Nintendo generasi anyar siap debut pada 2024. Namun, laporan terbaru justru memprediksi bahwa Nintendo Switch 2 tak akan rilis tahun ini.

Sebelumnya, analis pasar bernama Piers Harding-Rolls dari Ampere Analysis mengungkap terkait peluncuran Nintendo Switch. Ia mengklaim, konsol teranyar Nintendo siap dijual secara komersial pada kuartal keempat 2024.

Laporan dari firma riset Omdia dan analis Kantan Games turut memperkuat rumor tersebut. Namun, laporan yang lebih meyakinkan dari Nikkei Asia mengungkap bahwa konsol berikutnya justru datang pada 2025.

Nintendo tidak akan meluncurkan konsol berikutnya hingga Maret 2025, menurut laporan baru dari Nikkei Asia. Jika bocoran benar, ini berarti penggemar bisa membeli Nintendo Switch setelah kuartal pertama 2025 berakhir.

Menurut Nikkei, Nintendo menunda konsol berikutnya hingga Maret 2025 untuk memastikan pasokannya dalam memenuhi permintaan. Penyebab kedua adalah perusahaan ingin memberikan lebih banyak waktu kepada developer untuk membuat game yang mendukung peluncuran konsol terbaru.

Nintendo Switch 2 ( nintendo/metro.co.uk)Nintendo Switch 2 ( nintendo/metro.co.uk)

Dikutip dari Notebookcheck, raksasa game Jepang itu mencoba menghindari masalah terkait pasokan dan minimnya ketersediaan software. Hal tersebut pernah terjadi saat Switch diluncurkan pada 2017.

Nintendo Switch baru-baru ini mencapai total penjualan sebanyak 139 juta unit. Itu mengukuhkan posisinya sebagai konsol video game terlaris ketiga sepanjang masa, tertinggal di belakang DS milik Nintendo dan PlayStation 2 milik Sony.

Nintendo Switch 2 diharapkan membawa peningkatan layar dibanding generasi pertama. Sebagai pengingat, Nintendo Switch versi OLED membawa layar OLED 7 inci beresolusi 1280 x 720 piksel.

Konsol gaming ini mengandalkan prosesor NVIDIA Custom Tegra dan memori internal 64 GB. Perusahaan menyediakan slot microSDHC atau microSDXC yang mendukung hingga 2 TB.

Kita berharap adanya peningkatan refresh rate dari 60 Hz ke 120 Hz. Rumor yang beredar mengklaim bahwa perusahaan menyediakan layar OLED 8 inci (kemungkinan beresolusi Full HD Plus) dengan Joy-Con lebih ergonomis. Menurut firma riset Omdia, perusahaan kabarnya bakal menyiapkan 10 juta konsol Nintendo Switch 2 pada tahun fiskal pertama.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #nintendo #switch #diprediksi #jadi #rilis #2024 #berbagai #penyebabnya

KOMENTAR