Cara Cek Spesifikasi HP Android, Cuma Butuh 1 Menit
Ilustrasi Smartphone (Unsplash/Christian Wiediger)
14:16
25 Februari 2024

Cara Cek Spesifikasi HP Android, Cuma Butuh 1 Menit

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang bagaimana cara cek spesifikasi HP Android? Caranya sangat mudah, sebab Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk bisa mengetahui semua informasi tentang ponsel Anda.

Spesifikasi smartphone pada dasarnya adalah elemen-elemen yang membentuk sebuah perangkat. Mengenal elemen-elemen yang membentuk ponsel pintar yang kita miliki akan sangat membantu dalam memahami dan memprediksi banyak hal.
Misalnya saja berapa kapasitas RAM dan Memori Internal yang dimiliki ponsel, apa jenis chipset yang digunakan dan sebagainya.

Hanya saja, beberapa orang sering tidak memahami bagaimana cara cek spesifikasi HP Android. Padahal, Anda bisa mengecek spesifikasi HP Anda dengan beberapa cara mudah.

Berikut adalah cara cek spesifikasi HP Android

1. Lewat HP Android itu sendiri

Cara cek spesifikasi Android yang paling mudah adalah melalui perangkat itu sendiri. Sebab, semua perusahaan telah membekali semua ponsel buatan mereka dengan informasi spesifikasinya.

Untuk melihatnya, ada bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting di HP Anda.
  • Gulir ke bawah kemudian pilih menu "Tentang Ponsel" atau About Phone"
  • Nantinya, di sana akan termuat informasi lebih detail mengenai spesifikasi Android, nomor IMEI, informasi hukum, informasi software, informasi baterai, dan informasi status.

2. Lewat Dusbook

Cara kedua untuk cek spesifikasi Android adalah melalui dusbook-nya. Jika Anda membeli ponsel, maka akan disertakan dus dan buku panduan.

Di dalam dus dan buku tersebut, hampir selalu terdapat informasi tentang spesifikasi HP yang Anda gunakan.

3. Melihatnya di situs resmi

Setiap produk HP yang dijual di pasaran, pastilah memiliki situs web resmi yang mencantumkan spesifikasi lengkap semua perangkat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencari nama (model) ponsel cerdas Anda di situs web produsen.

Berbeda dengan memeriksa spesifikasi ponsel Anda di menu pengaturan ponsel, metode ini memberikan informasi lebih dalam seperti dimensi ponsel, berat, jenis baterai, jenis SIM, teknologi tampilan, dukungan pita jaringan, format audio dan video yang didukung, sensor yang tersedia, dan banyak lagi.

Bahkan jika melalui situs resmi, Anda akan bisa melihat harga terbaru dari HP Android yang Anda gunakan tersebut.

4. Melihatnya di Internet

Tak dapat dipungkiri bahwa internet memberikan berbagai macam informasi kepada masyarakat, baik itu berita terkini atau mungkin spesifikasi produk.

Anda hanya perlu mengetikkan "spesifikasi...." yang diikuti dengan tipe HP Android Anda. Dengan demikian, maka Google akan menampilkan berbagai informasi tentang spesifikasi HP Android Anda tersebut.

Itulah beberapa cara cek spesifikasi HP Android yang bisa Anda lakukan. Bisa dikatakan, cara-cara di atas membutuhkan waktu maksimal 1 menit saja. Selamat mencoba!

Kontributor : Damai Lestari

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #cara #spesifikasi #android #cuma #butuh #menit

KOMENTAR