Geger! Presiden Soeharto Hidup Lagi dengan Teknologi AI, Ajak Rakyat ke TPS
ILUSTRASI: Viral Presiden Soeharto hidup lagi dengan Teknologi AI. Dia mengaajak rakyat ke TPS. (Istimewa)
08:08
12 Januari 2024

Geger! Presiden Soeharto Hidup Lagi dengan Teknologi AI, Ajak Rakyat ke TPS

 – Tren penggunaan kecerdasan buatan alias AI, kini mulai menjamur di berbagai lini, tak terkecuali dalam urusan politik tanah air.

Baru-baru ini, AI kembali membuat geger publik lantaran ‘menghidupkan’ sosok mantan Presiden Kedua Republik Indonesia, yakni Soeharto.

Sosok The Smiling General itu muncul dalam video yang diunggah oleh Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Erwin Aksa.

Dalam pantauan JawaPos.com, Jumat (12/1), deepfake Presiden Soeharto muncul dengan penampilannya yang khas, yakni pakaian batik dan peci songkok hitam. Bahkan, wajah dan rambut putihnya pun tampak nyata.

Erwin Aksa sendiri, dalam keterangannya, menuliskan bahwa penggunaan teknologi AI terhadap sosok Soeharto bukan tanpa alasan.

Menurutnya, ini merupakan salah satu upaya untuk mengingatkan publik bahwa hak suara mereka amat penting dalam penentuan masa depan bangsa.

“Video ini dibuat menggunakan teknologi AI untuk mengingatkan kita betapa pentingnya suara kita dalam pemilihan umum yang akan menentukan masa depan agar harapan rakyat Indonesia terwujud dan sejahtera,” kata Erwin Aksa, dikutip dari akun X pribadinya (@erwinaksa_id).

Sementara Presiden Soeharto, dengan suara yang beratnya, juga menyampaikan ajakannya kepada masyarakat agar tidak bersikap acuh tak acuh terhadap pemilu 14 Februari 2024 nanti.

“Saya presiden soeharto, presiden Indonesia yang kedua, mengajak Anda untuk memilih wakil rakyat,” kata Soeharto.

Seperti menyadari bahwa dirinya adalah AI, sosok deepfake Soeharto bahkan bermimpi agar Indonesia memiliki sekolah-sekolah dengan teknologi AI yang modern.

“Saya bermimpi tentang sekolah-sekolah AI dan keamanan siber yang modern. Tempat anak-anak Indonesia dapat belajar menjadi pemimpin di dunia teknologi,” lanjutnya.

Kemunculan sosok Soeharto yang seolah-olah hidup lagi, sontak membuat warganet kaget. Tak sedikit dari mereka yang mengaku merasa ‘ngeri’ dengan sosok Soeharto.

“Gilaaa ngeri banget tech AI ini,” kata akun @ay*tsuc**

“Maap ini terlalu horor,” tulis akun @ji***s

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #geger #presiden #soeharto #hidup #lagi #dengan #teknologi #ajak #rakyat

KOMENTAR