Harga Honda ADV di Indonesia, Pilih Varian 150 atau 160?
Skuter matic maxi Honda ADV 150. (AHM)
18:32
23 Februari 2024

Harga Honda ADV di Indonesia, Pilih Varian 150 atau 160?

- Bicara soal skuter matic maxi, Honda ADV tentunya tidak bisa dipisahkan. Motor yang resmi diperkenalkan pertama kali pada tahun 2019 ini menjadi salah satu andalan banyak masyarakat Indonesia.

Desain body yang besar memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan menyenangkan. Terlebih, kapasitas bagasinya yang besar juga memungkinkan pengendara untuk membawa banyak barang.

Hingga tahun 2024, Honda telah mengeluarkan dua varian skuter matic maxi itu untuk pasar Indonesia. Keduanya pun dibekali dengan body cukup besar dan mesin bertenaga untuk mengaspal di jalanan perkotaan.

Daftar Motor Honda ADV di Indonesia

Honda ADV 150 dan Honda ADV 160 menjadi dua varian yang hadir untuk pasar Indonesia saat ini. Lantas, apa perbedaan keduanya?

1. Honda ADV 150

Pertama kali rilis di Indonesia saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ADV 150 menjadi generasi pertama Honda ADV yang hadir untuk pasar Indonesia. Sayangnya, ADV 150 harus disuntik mati pada tahun 2022 lalu sehingga tidak lagi diproduksi.

Dimensi dan Desain

Dilihat dari tampilannya, ADV 150 mempunyai desain yang bongsor dengan panjang 1.950 mm dan lebar 763 mm. Pencahayaannya pun sudah menggunakan teknologi LED pada bagian depan dan belakang yang meningkatkan visibilitas pengendara pada malam hari.

Pada bagian depan, tersedia windscreen atau pelindung angin yang dapat diatur sesuai keinginan pengendara. Desainnya pun nampak dibuat kokoh dengan jok model bertingkat, lampu belakang dan sein terpisah, serta spakbor dengan model gantung.

Mesin

Pada sektor dapur pacu, Honda ADV 150 menggunakan mesin 150cc SOHC fuel injection. Dilihat dari spesifikasinya, mesin yang digunakan mirip dengan Honda PCX 150 namun dengan beberapa perubahan sehingga mampu menghasilkan torsi lebih kuat hingga 13,8 Nm pada 6.500 rpm.

Selain itu, tersedia juga teknologi Idling Stop System (ISS) yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Dengan adanya teknologi ini, mesin dapat secara otomatis mematikan atau menghidupkan konsumsi bahan bakar sehingga lebih efisien.

Fitur Unggulan

Salah satu kecanggihan teknologi pada motor ini adalah instrumen layarnya yang sudah full digital. Layar ini bisa menampilkan banyak informasi mulai dari indikator aki, suhu, konsumsi bahan bakar, indikator penggantian oli mesin, jam, tanggal, hingga odometer.

Tersedia juga fitur Honda Smart Key, alarm, hingga Emergency Stop Signal sebagai fitur keamanan. Untuk mengisi daya baterai handphone saat berkendara, tersedia juga power charger pada bagian dashboard.

Harga

Untuk pasar Indonesia, harga Honda ADV 150 berbeda tergantung pada varian Auto Braking System (ABS) atau Combi Brake System (CBS). Adapun harga motor bekas Honda ADV 150 berdasarkan situs jual beli OLX yaitu:

- ADV 150 CBS: Mulai dari Rp 23 juta
- ADV 150 ABS: Mulai dari Rp 24 juta

Tampang Honda ADV 160. (AHM)

2. Honda ADV 160

Honda ADV 160 merupakan motor generasi kedua dari merek ini yang masih diproduksi hingga saat ini. Varian 160 ini juga menggantikan ADV 150 yang disuntik mati pada tahun 2022 lalu. Skuter matic premium ini juga hadir dengan kesan yang lebih baru dengan beberapa update di dalamnya, apa saja? Berikut ulasan lengkapnya:

Desain

Kesan adventure terlihat dari motor dengan desain gagah ini. Tinggi jok terlihat lebih rendah dengan body samping belakang lebih lebar bodi samping depan yang tampak meruncing.

Dengan body samping yang lebih luas, kapasitas penyimpanannya pun jadi lebih besar mencapai 30 liter jika dibandingkan ADV 150 dengan 28 liter. Bagian spakbornya pun terlihat lebih besar dengan lampu depan dan belakang yang sudah menggunakan LED.

Mesin

Dalam hal performa, motor ini dibekali dengan mesin 160cc berpendingin cairan dengan teknologi PGM-FI fuel injection. Dengan mesin ini, ADV160 bisa menghasilkan tenaga sekitar 11,8 kW pada 8.500 rpm, dan torsi hingga 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Konsumsi bahan bakarnya pun termasuk irit untuk motor kelas 160cc. Pasalnya, ADV 150 mempunyai konsumsi bahan bakar hingga 45 km per liter sehingga bisa menempuh jarak hingga 364 km dalam satu kali pengisian bahan bakar penuh.

Fitur Unggulan

Dilihat dari fiturnya, tidak ada perbedaan berarti jika dibandingkan dengan varian 150. Menggunakan panel full digital, Honda Smart Key, alarm, Emergency Stop Signal, ISS, dan power charger dengan daya 5V 2,1A yang menggantikan power charger model lama.

Adapun yang membedakan varian 150 dengan 160 yaitu pada fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terjadi adanya perbedaan putaran ban depan dan belakang sehingga dapat mencegah terjadinya ban selip.

Harga

Honda ADV 160 juga dijual dengan dua varian, yakni CBS dan juga ABS yang dilengkapi HSTC. Adapun harga honda ADV 160 baru OTR Jakarta yaitu:

- ADV 160 CBS: Rp. 36.200.000
- ADV 160 ABS: Rp. 39.400.000

Setelah melihat perbandingan dua varian Honda ADV yang ada di Indonesia, apakah ada salah satunya yang ingin Anda miliki sebagai kendaraan harian? Pilih ADV 150 atau ADV 160?

Editor: Edy Pramana

Tag:  #harga #honda #indonesia #pilih #varian #atau

KOMENTAR