5 Rahasia Bikin Baterai Laptop Lebih Awet
Ilustrasi indikator baterai di laptop. [Unsplash/Panos Sakalakis]
06:32
22 Februari 2024

5 Rahasia Bikin Baterai Laptop Lebih Awet

Laptop menjadi salah satu perangkat yang sering digunakan sehari-hari, baik untuk bekerja maupun belajar. Oleh karena itu, memiliki laptop dengan baterai yang sehat sangatlah penting.

Pengguna dapat melakukan beberapa hal untuk membuat baterai laptop menjadi lebih awet dan tahan lama. Berikut ini lima tips yang bisa pengguna lakukan:

1. Aktifkan penghemat daya

Sebagian besar laptop saat ini memiliki opsi untuk mengubah profil daya di menu Power and Sleep Settings. Pilih mode Battery Saver untuk mengoptimalkan laptop agar fokus pada efisiensi dibandingkan performa. Ini bisa sangat membantu memperpanjang masa pakai baterai.

2. Rendahkan kecerahan layar

Layar yang cerah dan beresolusi tinggi merupakan faktor utama yang menguras masa pakai baterai laptop. Meskipun pengguna tidak dapat berbuat banyak mengenai resolusinya setelah membelinya, namun pengguna dapat menurunkan kecerahannya agar menggunakan daya sesedikit mungkin.

Walau begitu, hal ini mungkin akan membuat tampilan laptop menjadi lebih membosankan, sehingga kurang cocok untuk menonton film sambil bermain game, dan dapat menyulitkan melihat layar saat pengguna berada di lingkungan terang.

3. Matikan lampu latar keyboard

Lampu latar keyboard sangat berguna untuk mengetik dalam kegelapan, tetapi fitur ini juga memerlukan daya, yang berarti dapat menguras masa pakai baterai.

Jika masa pakai baterai penting, lakukan yang terbaik tanpa lampu latar dan matikan.

Ilustrasi laptop (unsplash/Bram Naus)Ilustrasi laptop (unsplash/Bram Naus)

4. Cabut perangkat eksternal yang tidak dibutuhkan

Semua perangkat eksternal mengambil daya dari laptop, baik secara eksklusif ditenagai oleh laptop tersebut atau digunakan untuk mengisi daya baterai internalnya sendiri.

Jika pengguna memiliki perangkat seperti ponsel, hard drive eksternal, atau layar eksternal yang dicolokkan ke port USB di laptop, perangkat-perangkat itu akan mengonsumsi daya dari laptop sehingga mengurangi masa pakai baterai laptop.

Jika pengguna sedang tidak menggunakannya, sebaiknya cabut kabelnya untuk menambah masa pakai baterai laptop.

5. Jaga suhu laptop tetap dingin

Baterai tetap lebih hemat dan bertahan lebih lama jika disimpan pada suhu ruangan atau bahkan sedikit lebih rendah, sehingga pengguna disarankan untuk menjaga laptop agar tidak apans.

Artinya, pastikan pengguna tidak menggunakannya di ruangan yang terlalu panas atau terkena sinar Matahari langsung. Idealnya, pastikan laptop itu sendiri memiliki banyak ventilasi untuk memastikannya dapat mendinginkan komponennya dengan cukup baik guna menghindari penumpukan panas berlebih.

Dengan melakukan lima tips di atas, pengguna dapat menjaga baterai laptop menjadi lebih tahan lama.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #rahasia #bikin #baterai #laptop #lebih #awet

KOMENTAR