Anies hingga Ganjar Pakai iPhone Pro, Cuma Gibran dan Mahfud yang Gunakan HP Android
Mahfud MD memberi jawaban dari pertanyaan Gibran Rakabuming Raka di debat cawapres, JCC Senayan, Minggu (21/1/2024). (YouTube/KPU RI)
08:48
18 Februari 2024

Anies hingga Ganjar Pakai iPhone Pro, Cuma Gibran dan Mahfud yang Gunakan HP Android

Publik tentu penasaran mengenai smartphone andalan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) di Pemilu 2024. Berikut terdapat penjelasan mengenai smartphone apa saja yang dipakai oleh Capres dan Cawapres 2024.

Perlu diketahui, tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang bertarung di Pilpres 2024 yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Paslon 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Paslon 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Paslon 3).

Ternyata, sebagian besar Capres dan Cawapres 2024 menggunakan smartphone berupa iPhone model Pro series. Hanya Gibran dan Mahfud MD yang mengandalkan HP Android. Meski kebanyakan HP Android mempunyai harga miring, namun ponsel Android milik Gibran dan Mahfud MD tergolong premium.

Putra sulung Presiden Jokowi pernah terekam kamera saat menggunakan HP lipat Samsung. Gibran Rakabuming Raka ternyata memakai smartphone flagship Samsung Galaxy Z Flip4.

Sebagai pengingat, Samsung Galaxy Z Flip4 meluncur ke Indonesia pada September 2022. HP lipat model clamshell ini mengusung chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 dengan RAM 8 GB.

Samsung Galaxy Z Flip4. [Samsung]Samsung Galaxy Z Flip4. [Samsung]

Harga Samsung Galaxy Z Flip4 saat debut pertama kali dibanderol mulai dari Rp 14 juta. Smartphone tersebut menjalankan sistem operasi Android 12 (dapat diupdate ke Android 13, One UI 5.1).

Cawapres Paslon nomor urut 3, Mahfud MD mempunyai HP Android premium berupa Samsung Galaxy S20 Ultra. Dari semua Cawapres 2024, hanya Mahfud MD yang mengandalkan HP flagship Samsung berumur tua.

Samsung Galaxy S20 Ultra sendiri meluncur ke Indonesia pada Maret 2020 lalu. Perangkat saat itu dibanderol dengan harga Rp 18,5 juta. HP Samsung Galaxy S20 Ultra versi second saat ini bisa dibeli dengan harga Rp 4,2 juta hingga Rp 5,5 juta saja.

Samsung Galaxy S20 Ultra. [Samsung Indonesia]Samsung Galaxy S20 Ultra. [Samsung Indonesia]

Cawapres Paslon nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menggunakan iPhone 13 Pro. Harga iPhone 13 Pro saat meluncur pertama kali pada 2021 dibanderol mulai dari Rp 18,5 juta.

Capres Paslon nomor urut 1, Anies Baswedan pernah terekam memakai iPhone 14 Pro. Smartphone Apple yang debut pada November 2022 itu memiliki harga mulai dari Rp 20 juta. Prabowo Subianto sebagai Capres Paslon 2 sekaligus pemenang Quick Count di Pemilu 2024 mengandalkan iPhone 13 Pro Max. Model smartphone Apple tertinggi pada 2021 itu mempunyai harga mulai dari Rp 20 juta.

Dari semua Capres dan Cawapres 2024, hanya Gibran serta Mahfud MD yang menggunakan smartphone flagship dengan harga "murah". Foto Capres dan Cawapres bersama smartphone milik masing-masing ini viral di TikTok serta Instagram usai diunggah oleh akun @racunjajanindo dan @pst0re.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #anies #hingga #ganjar #pakai #iphone #cuma #gibran #mahfud #yang #gunakan #android

KOMENTAR