Januari 2024  Daya Beli Konsumen Roda Dua Menurun Dibandingkan Tahun Lalu
Awal tahun 2024 penjualan kendaraan roda dua mengalami penurunan yang cukup signifikan. (Ilustrasi] (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)
21:36
11 Februari 2024

Januari 2024 Daya Beli Konsumen Roda Dua Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

- Meskipun di tahun 2024 berapa merek kendaraan roda dua mengeluarkan line up baru maupun sekedar melakukan penyegaran produknya namun hal ini belum bisa mendongkrok capaian angka penjualan seperti di tahun sebelumnya.

Iklim politik dan kondisi ekonomi di di awal tahun 2024 juga turut andil mempengaruhi daya jual maupun minat beli konsumen, kondisi ini berbeda dengan tahun 2023 dibulan Januari.

Bila menengok dari Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tercatat bahwa selama Januari tahun 2024 penjualan sepeda motor (motor) di Indonesia sebanyak 592.658 unit.

Angka yang tercatat tersebut bisa dikatakan menurun tajam bila dibanding Januari 2023 yang mampu mencatatkan angka penjualan sebanyak 615.416 unit.

Walaupun begitu bila dibandingkan bulan sebelumnya yaitu di Desember 2023, jumlah penjualan selama Januari 2024 itu masih meningkat 38,79 persen.

Hal ini berdasarkan cacatan angka penjualan yang dibukukan, dimana seluruh merek sepeda motor di Desember 2023 mampu mengkoleksi angka penjualan sebanyak 427.033 unit.

Selisih angka perbedaan tersebut sangat dimungkinkan karena faktor daya beli yang berbeda. Apalagi di Januari 2024 ada pesta demokrasi pemilihan umum, ditambah daya beli masyarakat melemah [dari berbagai indikasi] bila dibanding Januari 2023.

Sedangkan di sisi lain menurut Data hasil Survei Konsumen yang dilakukan Bank Indonesia pada November 2023 memperlihatkan rasio konsumsi masyarakat dengan pengeluaran Rp 5 juta terus menurun hingga 22,3 persen.

Bahkan penurunan terbesar hingga 34,7 persen – dialami oleh kelompok masyarakat dengan pengeluaran Rp 2,1 juta – Rp 3 juta. Masyarakat kelompok ini sebagian besar mengambil dari tabungan yang dikumpulkan tahun-tahun sebelumnya untuk menutup kebutuhan pengeluaran.

Yang terjadi saat ini untuk mendongkrak penjualan berbagai merek kendaraan roda dua, selain melakukan penyegaran juga meluncurkan berbagai program kemudahan kepemilikan atau perogram menarik lainnya.

Bahkan tahun ini kendaraan roda dua jenis listrik juga bermunculan, ini juga menjadi tugas berat bagi AISI untuk membuat strategi moncer untuk alami kenaikan angka penjualan.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #januari #2024 #daya #beli #konsumen #roda #menurun #dibandingkan #tahun #lalu

KOMENTAR