Cara Bergabung dengan Grup Telegram
Ilustrasi Telegram. (pixabay)
09:56
11 Januari 2024

Cara Bergabung dengan Grup Telegram

Telegram adalah aplikasi sosial populer di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Mirip seperti WhatsApp, Telegram memiliki grup yang bisa pengguna ikuti.

Tak hanya grup, Telegram juga memiliki saluran atau channel yang berfungsi seperti buletin. Berbeda dengan grup, pengguna tidak dapat membalas atau mengobrol dengan siapa pun di saluran.

Namun, beberapa pengguna masih belum mengetahui bagaimana cara menemukan dan bergabung dengan grup atau saluran di Telegram. Berikut ini panduannya:

Menemukan dan bergabung dengan grup Telegram publik

Aplikasi Telegram memungkinkan pengguna mencari dan bergabung dengan grup dan channel publik. Grup akan ditandai dengan jumlah anggotanya, sementara saluran mencantumkan jumlah pelanggannya.

  • Klik bagian Search di bagian atas dan ketikkan nama topik atau minat. Menambahkan "chat" ke pencarian dapat membantu mempersempit hasil pengguna ke dalam grup.
  • Kemudian klik Show more untuk melihat daftar lengkap grup dan saluran yang tersedia.
  • Setelah berada di dalam grup atau saluran, ketuk tombol Join.
Aplikasi Telegram (Unsplash/Christian Wiediger)Aplikasi Telegram (Unsplash/Christian Wiediger)

Cara bergabung dengan grup Telegram pribadi

Jika grup atau saluran yang ingin pengguna ikuti bersifat pribadi, grup atau saluran tersebut tidak akan muncul di hasil pencarian.

Jika pengguna mengetahui seseorang yang sudah bergabung terlebih dahulu di dalam grup tersebut, pengguna bisa menggunakan tautan undangan yang dikirim oleh orang tersebut.

Tautan undangan Telegram dimulai dengan https://t.me/. Mengklik tautan tersebut akan membuka aplikasi Telegram, lalu pengguna dapat mengklik Join untuk masuk ke grup atau saluran.

Sebelum bergabung ke sebuah grup atau saluran Telegram, perhatikan dengan cermat dan berhati-hatilah untuk tidak mengeklik apa pun yang mencurigakan.

Itulah cara menemukan dan bergabung dengan grup atau saluran di Telegram.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #bergabung #dengan #grup #telegram

KOMENTAR