Tiru Samsung, Apple Luncurkan Ponsel Layar Lipat, Rilis Perdana Mulai 2026
Apple akan merilis ponsel baru dengan konsep layar lipat mirip seperti gawai Samsung Galaxy Z Flip5. 
16:00
8 Pebruari 2024

Tiru Samsung, Apple Luncurkan Ponsel Layar Lipat, Rilis Perdana Mulai 2026

Persaingan sengit di industri teknologi, mendorong Apple untuk terus melakukan transformasi. Salah satunya dengan merilis ponsel baru dengan konsep layar lipat mirip seperti gawai Samsung Galaxy Z Flip5.

Melansir dari The Verge, ponsel lipat ini nantinya akan mulai menyapa para fanboy Apple paling cepat pada tahun 2026 atau awal 2027, akan tetapi kabar ini masih dapat berubah mengingat situasi yang belum pasti.

Sebelum informasi tersebut bocor, beberapa waktu lalu analis kenamaan Ming-Chi Kuo juga pernah mengungkap bahwa Apple tengah melakukan pengujian teknologi electronic paper display (EPD) untuk diimplementasikan pada perangkat layar lipat di masa depan.

Sementara itu pihak juru bicara Apple hingga kini masih enggan memberikan rincian spesifikasi terkait ponsel layar lipat itu. Namun menurut kabar yang beredar ponsel ini memiliki ukuran layar yang luas yakni sekitar 7 sampai 8 inch.

Dengan ukuran jumbo ini banyak pihak berspekulasi bahwa gadget layar lipat itu akan menjadi smartphone yang bakal menjadi pesaing utama Samsung Galaxy Flip Series.

Selain mengusung konsep layar jumbo, gawai ini akan mengusung konsep layar OLED canggih yang dipasok dari perusahaan LG Display dan Samsung Display.

Untuk memudahkan pengguna saat melipat ponsel, Apple akan membuat iPhone lipat setipis mungkin. Para insinyur Apple diperkirakan turut mengubah desain engsel sehingga layar ponsel lipat Apple menjadi benar-benar rata.

Sebagai informasi, konsep ponsel layar lipat sebenarnya telah lama diusung sejumlah produsen gadget, salah satunya Samsung yang merilis ponsel lipat Galaxy Z Flip5 layar Dynamic AMOLED 2X 6,7 inci, Full HD Plus (2.640 x 1.080 piksel).

Meski menggunakan konsep layar lipat, namun hasil foto dengan kamera utama Galaxy Z Flip 5 menampilkan hasil yang amat baik. Pada kondisi cahaya ideal, foto yang ditangkap terlihat tajam dengan reproduksi warna yang matang dan detail yang baik. Hasil video pun cukup memuaskan untuk kebutuhan vlogging.

Tak mau kalah dengan yang lainnya, Xiaomi juga turut meluncurkan inovasi baru dengan merilis ponsel lipat dengan desain unik dimana ponsel lipat Xiaomi dapat dilipat kembali ke belakang. Dengan tampilan ini Sehingga ponsel lipat Xiaomi secara efektif dapat melakukan transisi mulus antara kamera depan dan belakang.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #tiru #samsung #apple #luncurkan #ponsel #layar #lipat #rilis #perdana #mulai #2026

KOMENTAR