5 Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Internet
Ilustrasi koneksi internet. [Unsplash/Praveen kumar Mathivanan]
15:32
7 Pebruari 2024

5 Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Internet

Internet menghubungkan siapa pun dengan dunia luas. Oleh karena itu, pengguna pasti merasa frustasi saat menghadapi koneksi internet yang lambat.

Namun untungnya, ada beberapa hal yang dapat pengguna lakukan untuk memperbaiki keadaan. Berikut ini cara mudah untuk meningkatkan kecepatan internet:

1. Setel ulang router

Salah satu taktik yang dapat pengguna lakukan untuk meningkatkan kecepatan internet adalah dengan mengatur ulang router.

Menyetel ulang router memiliki banyak keuntungan untuk jaringan. Ini dapat membantu menghilangkan upaya peretasan, mengatur ulang memori router yang terbatas untuk membantu mempercepat, dan bahkan menerapkan pembaruan penting yang mungkin telah ditunggu oleh router.

Kuncinya adalah melakukan reboot pada router dengan benar.

2. Kelola saluran Wi-Fi

Sebagian besar router saat ini bersifat dual-band, yang berarti itu menawarkan koneksi pada frekuensi 2,5Ghz dan frekuensi 5GHz. Beberapa router juga bersifat tri-band, yang berarti ada tambahan band 5GHz untuk menyebarkan koneksi lebih jauh.

Saluran-saluran yang berbeda ini ada sehingga pengguna dapat membagi koneksi perangkat di seluruh spektrum dan menurunkan permintaan untuk satu saluran. Ini dapat membantu mempercepat koneksi pengguna, terutama jika pita 2,5GHz mulai sedikit ramai digunakan.

Sebagai aturan umum, pita 5Ghz memiliki jangkauan yang lebih pendek namun sedikit lebih cepat, lebih cocok untuk perangkat yang dekat dengan router. Pita 2,5GHz memiliki jangkauan yang lebih panjang namun sedikit lebih lambat, pilihan yang lebih baik untuk perangkat di ruangan lain atau perangkat seluler yang sering berpindah-pindah.

Beberapa router dilengkapi dengan fitur alokasi otomatis yang dapat menetapkan perangkat ke saluran berbeda berdasarkan kebutuhan koneksi dan mengalihkannya ke saluran baru seiring perubahan keadaan.

3. Kelola perangkat di jaringan

Secara teori, rata-rata router rumah dapat menangani sekitar 250 perangkat yang terhubung.

Namun dalam praktiknya, semakin banyak perangkat yang menumpuk, bandwidth kesulitan untuk memenuhi kebutuhan jaringan dan terjadilah perlambatan.

Oleh karena itu, pengguna harus mengelola perangkat di jaringan dan menghapus sebagian perangkat dari jaringan untuk meningkatkan kecepatan internet.

Jika banyak perangkat baru telah terhubung ke Wi-Fi dan pengguna mengalami masalah kecepatan, pengguna mungkin harus membatasi perangkat yang terhubung.

Untuk router baru, buka aplikasi router dan cari daftar perangkat yang terhubung. Untuk router lama, masukkan alamat IP di browser dan cari untuk menemukan pengaturan administrator, di mana pengguna harus mencari bagian yang bertuliskan Kelola Perangkat, Batasi Akses, atau yang serupa.

Koneksi internet (freepik/freepik.com)Ilustrasi koneksi internet (freepik/freepik.com)

4. Menggunakan koneksi Ethernet

Jika komputer pengguna cukup dekat dengan router, maka pengguna harus mempertimbangkan untuk menggunakan koneksi Ethernet kabel ke port pada router.

Ini adalah cara yang sangat andal untuk meningkatkan kecepatan, karena koneksi kabel bebas dari banyak masalah yang dapat menyebabkan lambatnya Wi-Fi.

5. Beralih ke browser yang lebih cepat

Jika perlambatan internet terjadi saat pengguna menggunakan browser atau membuka banyak tab baru, pertimbangkan untuk beralih ke browser yang lebih minimalis.

Browser seperti Brave untuk Mac dan Opera unggul dalam hal ini, terutama jika pengguna ingin mengutak-atik pengaturan. Jika pengguna belum mencobanya, Google Chrome juga dikenal sebagai salah satu opsi browser utama tercepat.

Itulah beberapa cara yang bisa pengguna lakukan untuk mempercepat koneksi internet. Selamat mencoba!

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #mudah #meningkatkan #kecepatan #internet

KOMENTAR