Transmisinya Cengeng, Sering Jebol, Harga Mobil Bekas Honda HR-V Dijual Segini
Ilustrasi: Honda HR-V generasi pertama di Indonesia diperkenalkan pada 2014 lalu. (OLX)
12:20
14 Oktober 2024

Transmisinya Cengeng, Sering Jebol, Harga Mobil Bekas Honda HR-V Dijual Segini

Di kategori compact SUV, Honda punya jagoan yakni HR-V. Mobil ini banyak dipilih kalangan muda, baik untuk bekerja, ibu-ibu cantik antar-jemput anak sekolah atau untuk mobilitas sehari-hari lainnya.   PT Honda Prospect Motor (HPM) pertama kali memasarkan Honda HR-V di Indonesia pada September 2014 lalu. PT HPM memperkenalkan HRV di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung di Jakarta pada September 2014 lalu.   Mobil tersebut laris manis. Namun kekurangan terbesar Honda HR-V tersebut ada pada transmisinya yang cengeng. Sering banget jebol, transmisi automatic berjenis CVT pada Honda HR-V terkenal ringkih. Hal ini diamini oleh banyak bengkel spesialis yang biasa menangani transmisi Honda.  

  Kendati sering jebol dan ringkih, unit mobil bekas Honda HR-V banyak dicari. Apalagi setelah generasi terbarunya muncul. Harga mobil bekas Honda HR-V pun lumayan jatuh.   Dirangkum dari platform jual-beli mobil bekas dan Facebook Marketplace, harga Honda HR-V sudah di angka Rp 100 jutaan kecil atau berkisar Rp 150 jutaan. Tahun yang bisa didapat adalah tahun 2015, atau tahun awal model tersebut dipasarkan di Indonesia setelah pada akhir 2014 diperkenalkan.   Trim yang bisa didapat adalah trim E. Kalau mau yang trim RS atau Prestige, harganya beda lagi. Masih di angka Rp 200 juta. Selera sih, kalau sekadar fungsi dan yang penting HR-V, trim E sudah cukup.  

  Sebagai informasi, Honda HR-V pertama kali dijual resmi di Indonesia ini secara global merupakan generasi kedua (kode bodi RU) dan dibangun menggunakan Global Small Platform. Honda HR-V generasi pertama (kode bodi GH) tidak pernah dijual resmi oleh PT HPM, masuk ke Tanah Air hanya via Importir Umum atau IU.   Saat diluncurkan Honda HR-V tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu 4-silinder SOHC i-VTEC 1.497 cc dan 1.799 cc. Mesin 1.500 cc-nya mampu menghasilkan tenaga 120 dk/6.600 rpm dan torsi 145 Nm/4.600 rpm.   Kedua mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis jenis CVT (Continuously Variable Transmission) dan manual 5-speed. Sementara untuk mesin 1.800 cc-nya di atas kertas diklaim mampu menghasilkan tenaga 139 dk/5.500 rpm dan torsi puncak 169 Nm/4.300 rpm dan dipasangkan dengan transmisi CVT.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #transmisinya #cengeng #sering #jebol #harga #mobil #bekas #honda #dijual #segini

KOMENTAR