Pamer Teknologi EV, Qualcomm Hadirkan Era Baru Mobilitas di CES 2024
Qualcomm pamerkan teknologi mobilitas terbaru di CES 2024. (Istimewa).
16:12
10 Januari 2024

Pamer Teknologi EV, Qualcomm Hadirkan Era Baru Mobilitas di CES 2024

Dalam perhelatan CES 2024 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat (AS), Qualcomm Technologies, Inc. menegaskan kepemimpinannya sebagai mitra pilihan industri otomotif global dan mengklaim mengedepankan inklusivitas, kematangan teknologi, dan terobosan inovasi di seluruh portofolio Snapdragon Digital Chassis.   Peningkatan permintaan atas solusi teknologi hemat daya, terbuka, dan yang dapat ditingkatkan, menjadikan Qualcomm Technologies sebagai mitra terpercaya untuk melayani kebutuhan industri otomotif dan menjadikan perusahaan sebagai penggerak dalam membentuk perangkat lunak penggerak otonom.   “Qualcomm Technologies telah menjadi mitra terpercaya bagi industri otomotif selama lebih dari dua dekade, menghadirkan inovasi dan platform teruji melalui Snapdragon Digital Chassis untuk mendefinisikan kembali mobil,” ujar Nakul Duggal, Senior Vice President and General Manager, Automotive & Could Computing, Qualcomm Technologies, Inc. melalui keterangannya.   

  Qualcomm Technologies mengklaim menawarkan portfolio teknologi otomotif terluas yang meliputi seluruh domain utama kendaraan dan terus menambah portofolionya untuk menetapkan standar inovasi, termasuk dukungan terhadap segmen kendaraan roda dua dan mobilitas mikro.    Yang dipamerkan Qualcomm di CES 2024 adalah Snapdragon Auto Connectivity Platform. Dengan teknologi tersebut, produsen mobil kini dapat memenuhi peningkatan kebutuhan akan level keselamatan dan kecerdasan berkendara yang lebih tinggi melalui dukungan jaringan LTE dan 5G, layanan terhubung, vehicle-to-everything (V2X), WiFi, Bluetooth, komunikasi satelit, serta penentuan titik posisi yang tepat.   Ada juga kokpit otomotif modern dengan Snapdragon Cockpit Platform. Hal ini dikatakan sejalan dengan tren kokpit digital yang terus berperan penting dalam menghadirkan pengalaman premium konsumen dalam berkendara sekaligus menjadi cara bagi produsen mobil dalam mengembangkan brand-nya.   

  Snapdragon Cockpit Platform menghadirkan fungsionalitas mutakhir untuk membantu para produsen mobil menciptakan pengalaman berkendara imersif, intuitif, dan canggih, dengan memanfaatkan kemampuan grafis, multimedia, dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang ditingkatkan dan diperluas ke seluruh jenis kendaraan serta dipersonalisasi untuk setiap penumpang.    Melalui pembaruan Snapdragon Cockpit Experience Toolkit serta kolaborasi dengan berbagai mitra ekosistem, Qualcomm Technologies akan menampilkan kemajuan kokpit digital terkini pada perhelatan CES 2024 sebagai bagian dari kendaraan konsep (concept vehicle) Snapdragon Digital Chassis.   Sementara itu, Qualcomm Technologies menyambut era baru AI untuk otomotif dengan berkomitmen menghadirkan inovasi teknologi mutakhir dan meluncurkannya segera ke ekosistem konsumen, melalui pemanfaatan solusi perangkat keras dan lunak AI terdepan di Snapdragon Digital Chassis Platform.   

  Platform ini sekarang sudah dilengkapi dengan kemampuan AI generatif, di mana Qualcomm Technologies akan menunjukkan beragam cara penggunaan AI tradisional dan AI generatif untuk otomotif di CES 2024.   Qualcomm juga mengumumkan Snapdragon RidePlatform Snapdragon Ride, platform yang terdiri dari salah satu rangkaian system-on-chip (SoC) penggerak otomatis paling canggih, serta dapat ditingkatkan dan disesuaikan di industri otomotif, yang dirancang untuk membantu produsen mobil global dan pemasok Tier-1 membangun solusi berkendara otomatis atau Automated Driving (AD) yang efisien.    Platform ini ditingkatkan dengan AD stacks (tumpukan teknologi automated driving) dan solusi persepsi yang komprehensif dan dapat diperluas, yang menargetkan Active Safety hingga fungsi L2 /L3, yang menggunakan pola pikir visionaris dan pendekatan pengembangan berbasis data yang didukung oleh solusi Snapdragon Ride Cloud, serta simulasi kemampuan AI generatif.   

  Penawaran-penawaran ini, yang terus mendapatkan tanggapan positif secara global, memberikan landasan kuat bagi para produsen mobil global untuk meningkatkan pengalaman pengguna produk mereka dan tetap menjadi yang terdepan dalam teknologi AD.   Dengan kompleksitas arsitektur kendaraan modern, komputasi pusat untuk otomotif menjadi penting dalam menjalankan berbagai fungsi dalam efisiensi berkendara. Untuk mendukung hal tersebut, Qualcomm Technologies menawarkan chipset komputasi terpusat berperforma tinggi, Snapdragon Ride Flex.   Platform tersebut dirancang untuk mendukung beban kerja dengan tingkat kekritisan campuran di seluruh sumber daya komputasi yang heterogen, memungkinkan fungsi kokpit digital, ADAS, dan AD yang efisien dalam satu waktu. Dengan chipset ini, produsen mobil berpeluang mengembangkan sistem kendaraan generasi berikutnya yang lebih hemat biaya dan dapat ditingkatkan untuk seluruh kategori dan kelas kendaraan.  

  Tak lupa, layanan terkoneksi dengan Snapdragon Car-to-Cloud turut diungkap. Dengan semakin terkoneksinya kendaraan masa kini, berbagai kesempatan unik hadir bagi produsen mobil dan penyedia layanan kendaraan untuk menawarkan layanan terhubung yang menghasilkan sumber pendapatan baru dan berkelanjutan, yang akan mendefinisikan ulang model bisnis dan cara pengemudi berinteraksi dengan kendaraan mereka sehari-hari.    Melalui Snapdragon Car-to-Cloud, fitur dan layanan baru dapat ditambahkan sepanjang siklus hidup kendaraan untuk pengalaman yang sangat personal di semua tingkatan, memungkinkan produsen mobil dan penyedia armada untuk tetap terhubung langsung dengan konsumen di luar titik penjualan.    Layanan Snapdragon Car-to-Cloud terus mendapatkan momentum dengan para pemain ekosistem seperti Salesforce, JPMorgan, dan Daon, di mana saling bertujuan untuk memungkinkan produsen mobil dan penyedia layanan lainnya menghadirkan peningkatan fitur yang inovatif dan menarik serta layanan terhubung kepada pelanggan sesuai permintaan.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #pamer #teknologi #qualcomm #hadirkan #baru #mobilitas #2024

KOMENTAR