10 Hal yang Harus Dilakukan Jika HP Terjatuh ke Dalam Air
Ilustrasi HP terkena air. [Pexels/仕旻 康]
09:56
2 Februari 2024

10 Hal yang Harus Dilakukan Jika HP Terjatuh ke Dalam Air

Jika HP terkena air atau jatuh ke dalam air, penting untuk segera mencegah kerusakan lebih lanjut sebelum pengguna melakukan perbaikan apa pun.

Saat pengguna menjatuhkan ponsel ke dalam air, beberapa hal dapat terjadi. Jika ponsel memiliki peringkat perlindungan masuknya air (IP) yang tinggi terhadap air, mungkin ponsel tersebut akan baik-baik saja.

Pengguna dapat mengeluarkannya dari air, mengeringkannya, dan mungkin dapat segera melanjutkan penggunaannya.

Namun jika ponsel tidak memiliki peringkat IP yang tinggi, menjatuhkan ponsel ke dalam air dapat menyebabkan kerusakan besar yang mungkin tidak dapat diperbaiki.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki HP yang jatuh ke dalam air:

1. Matikan ponsel. Sebelum pengguna melakukan hal lain, matikan telepon. Selama ponsel tetap hidup, kemungkinan ponsel akan rusak secara permanen semakin besar.

2. Lepas casing. Jika pengguna menggunakan casing HP, lepas terlebih dahulu. Casing dapat memerangkap air di badan ponsel, sehingga dapat merembes ke dalam perangkat.

3. Keluarkan kartu SIM. Jika ponsel pengguna memiliki kartu SIM, gunakan penjepit kertas atau alat pelepas baki SIM untuk mengeluarkan baki dan mengeluarkan kartu. Tepuk-tepuk kartu SIM hingga kering, lalu sisihkan.

4. Lepaskan baterai. Jika ponsel pengguna memiliki baterai yang dapat dilepas, keluarkan. Ini juga akan mematikan telepon secara efektif.

Jika pengguna bisa melepas baterai, tepuk-tepuk baterai hingga kering dan sisihkan. Biarkan penutup baterai juga terbuka, karena akan memudahkan ponsel mengering.

5. Lepas apa pun yang menempel di ponsel. Jika HP pengguna memiliki stylus internal atau kompartemen atau penutup lainnya, lepaskan.

Ilustrasi lock screen HP Android. [Unsplash/Daniel Romero]Ilustrasi HP Android. [Unsplash/Daniel Romero]

6. Lap ponsel hingga kering. Buang sisa air dari bagian luar ponsel. Air yang masuk ke bagian dalam ponsel dapat membahayakan.

7. Goyangkan telepon dengan lembut. Pegang ponsel dengan erat, lalu goyangkan perlahan agar air keluar dari port pengisian daya, speaker, tombol fisik, jack headphone, slot kartu SIM, dan bukaan lainnya. Jika ada air yang keluar, bersihkan dengan kain mikrofiber.

8. Tempatkan ponsel di dalam bahan pengering. Jika pengguna memiliki silika gel, yang tersedia dalam kemasan kecil dengan banyak barang elektronik baru, gunakanlah itu. Jika tidak, pengguna dapat menemukan bahan pengering seperti DampRid di sebagian besar toko bahan makanan.

9. Biarkan ponsel selama 24 hingga 48 jam. Tahan keinginan untuk segera menyalakan ponsel dan biarkan ponsel berada di dalam bahan penyerap setidaknya selama satu hari penuh.

10. Periksa untuk melihat apakah telepon berfungsi. Setelah 24 hingga 48 jam berlalu, pengguna dapat memasang kembali baterai dan memeriksa apakah ponsel berfungsi.

Jika berfungsi, pengguna harus segera mempertimbangkan untuk mencadangkan foto dan data lainnya, untuk berjaga-jaga jika ponsel mengalami kerusakan permanen.

Jika ponsel tidak berfungsi setelah pengguna membiarkannya benar-benar kering, mungkin penyebabnya adalah kesalahan internal.

Itulah beberapa hal yang bisa pengguna lakukan untuk memperbaiki HP yang terjatuh ke dalam air.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #yang #harus #dilakukan #jika #terjatuh #dalam

KOMENTAR