Cara Berbagi Kontak Lewat NameDrop di iPhone
Ilustrasi iPhone. [Unsplash/Igor Son]
09:24
1 Pebruari 2024

Cara Berbagi Kontak Lewat NameDrop di iPhone

Pengguna iPhone dapat berbagi kontak dengan mudah melalui fitur NameDrop. Fitur ini sudah tersedia bagi perangkat yang menjalankan iOS 17 atau lebih baru di iPhone.

NameDrop bukanlah aplikasi terpisah, melainkan fitur bawaan iOS 17. Cara menggunakannya pun sangat mudah, berikut ini panduannya:

  • Aktifkan AirDrop dengan membuka Settings > General > AirDrop > Everyone for 10 Minutes.
  • Dekatkan bagian atas iPhone pengguna dengan bagian atas iPhone orang lain. Pengguna bahkan dapat mengetukkannya dengan ringan satu sama lain.
  • Pengguna kan mengetahui bahwa mereka telah terhubung ketika pengguna melihat animasi bercahaya turun dari atas layar.
  • Contact Poster akan muncul di layar ponsel.
  • Pengguna dapat memilih dua opsi, yaitu Receive Only atau Share. Pilih Receive Only untuk mendapatkan info kontak orang lain tanpa mengirimkan informasi kepada mereka. Pilih Share untuk mendapatkan detail kontak orang lain dan mengirimkan milik pengguna.
  • Aplikasi Contact terbuka dan diisi sebelumnya dengan rincian kontak orang lain. Ketuk Edit untuk membuat perubahan, lalu klik Done untuk menyimpan informasinya.
Ilustrasi iPhone. [Daniel Romero/Unsplash]Ilustrasi iPhone. [Daniel Romero/Unsplash]

NameDrop pada dasarnya adalah AirDrop yang ikustomisasi secara khusus untuk berbagi kontak dengan cepat dan mudah.

Oleh karena itu, AirDrop dan NameDrop bekerja dengan cara yang sama, di mana keduanya menggunakan Bluetooth dan Wi-Fi untuk mendeteksi perangkat Apple terdekat.

NameDrop menambahkan teknologi baru ke dalamnya, yaitu Near-Field Communication atau NFC. Ini adalah teknologi data nirkabel yang mendukung kartu kredit dan debit tap-to-pay. Chip NFC telah disertakan di iPhone sejak iPhone XR pada 2018.

Seperti yang dijelaskan di atas, mengetuk iPhone secara bersamaan adalah salah satu cara untuk memicu koneksi NameDrop. Itu menggunakan NFC. Chip NFC di Apple Watch juga menjadi basis berbagi dengan NameDrop antara iPhone dan Apple Watch yang menjalankan watchOS 10 dan lebih tinggi.

Itulah cara mudah untuk menggunakan NameDrop di iPhone.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #berbagi #kontak #lewat #namedrop #iphone

KOMENTAR