Telkomsat Bekerja Sama dengan SpaceX untuk Luncurkan Satelit Baru, Begini Spesifikasi dan Keunggulannya
Satelit baru berteknologi HTS dikabarkan siap meluncur di tahun 2024/sumber: Instagram @telkomindonesia
18:44
31 Januari 2024

Telkomsat Bekerja Sama dengan SpaceX untuk Luncurkan Satelit Baru, Begini Spesifikasi dan Keunggulannya

Telkomsat merupakan anak perusahaan dari Telkom, yang bergerak di bidang layanan satelit. Kini Telkomsat dikabarkan siap meluncurkan satelit baru di tahun 2024.

Berdasarkan keterangan yang diunggah dalam postingan Instagram @telkomindonesia, pada Senin (29/1).

Satelit baru Telkomsat ini memiliki teknologi yang berbeda dengan satelit konvensional sebelumnya, dimana satelit tersebut adalah Telkom 3S dan Telkom 4 atau Satelit Merah Putih, yang diketahui sudah beroperasi hingga saat ini.

Telkomsat juga bekerja sama dengan SpaceX, yaitu sebuah perusahaan transportasi luar angkasa AS yang didirikan oleh Elon Musk. Turut ambil bagian dalam proses meluncurkan satelit baru tersebut.

Dikabarkan oleh mereka, bahwa satelit ini akan diluncurkan dari Bumi dengan menggunakan Roket Falcon 9. Satelit baru ini akan menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS).

Yaitu sebuah teknologi yang memiliki spesifikasi kapasitas bandwidth, dengan keunggulan kecepatan transfer data yang lebih besar hingga mencapai 32 Gbps.

Di sisi lain, satelit HTS memang memiliki cakupan area di bumi yang berukuran kecil, namun banyak multi-spot beam.

Hal tersebutlah yang diketahui, dapat menghasilkan kekuatan pancar satelit dalam ukuran besar di suatu area, yang dilingkupi beam tersebut.

Selain itu, satelit HTS juga dapat menggunakan sumber daya frekuensi yang digunakan secara berulang (frequency reusable)

Sumber daya frekuensi itulah yang dapat menaikkan jumlah kapasitas yang dimiliki oleh satelit HTS.

Dengan begitu, kapasitas yang ada dapat dimanfaatkan untuk menyediakan layanan broadband (koneksi internet) yang lebih cepat dan stabil. 

Dalam penerapannya, satelit ini dapat digunakan dengan baik untuk backhaul BTS (Base Transceiver Station) maupun Access Point Wifi.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, satelit HTS diklaim cocok untuk penyiaran karena dapat mengirimkan sinyal dengan kualitas yang lebih baik.

Mereka juga berharap, satelit baru ini dapat menjadi sumber broadband yang mampu melayani masyarakat, dan mendukung konektivitas jaringan komunikasi di seluruh Indonesia.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #telkomsat #bekerja #sama #dengan #spacex #untuk #luncurkan #satelit #baru #begini #spesifikasi #keunggulannya

KOMENTAR