Solusi Baterai Xiaomi Boros: 10 Cara Jitu dari HyperOS
Ilustrasi HP Xiaomi. [Unsplash/Đức Trịnh]
14:32
9 Oktober 2024

Solusi Baterai Xiaomi Boros: 10 Cara Jitu dari HyperOS

Jika HP Xiaomi, Redmi, atau Poco memiliki baterai yang cepat terkuras meskipun hanya digunakan secara normal, maka pengguna harus memeriksa beberapa hal untuk meningkatkan masa pakai baterai di HP Xiaomi.

Pembaruan HyperOS sendiri memberikan peningkatan pada penggunaan daya di perangkat Xiaomi. Dilansir dari AllabouthyperOS pada Rabu (9/10/2024), berikut ini sepuluh tips ampuh untuk meningkatkan masa pakai baterai di HyperOS Xiaomi:

1. Copot pemasangan aplikasi bloatware

Smartphone Xiaomi memiliki banyak aplikasi yang tidak diinginkan yang berjalan di latar belakang dan terus-menerus menggunakan baterai. Dengan HyperOS, pengguna dapat mencopot sebagian besar aplikasi tersebut dengan membuka pengaturan aplikasi individual.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Aplikasi Restart HP Android Tanpa Tombol Power, Bermanfaat saat Terdesak

2. Matikan GPS

Jika GPS diaktifkan, GPS akan terus-menerus menggunakan baterai, terutama jika pengguna bepergian. Oleh karena itu, sebaiknya nonaktifkan dan gunakan hanya saat pengguna membutuhkannya.

3. Jadwalkan penghemat baterai untuk aktif saat tidur

Fitur yang tidak tersedia untuk ponsel lain, HyperOS memudahkan untuk mengaktifkan mode baterai secara otomatis saat pengguna tidur. Untuk mengaktifkannya, buka pengaturan dan cari penghemat baterai.

Dari sana, pengguna akan menemukan opsi untuk menjadwalkan penghemat baterai saat pengguna tidur. Ini akan memastikan Android tidak menjalankan tugas berat seperti memperbarui di latar belakang dan pengurasan baterai akan minimal.

Baca Juga: Bawa Baterai Jumbo 6220 mAh, Oppo K12 Plus Janjikan Performa Lebih Awet?

4. Hentikan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang

Banyak aplikasi yang telah diinstal mungkin berjalan di latar belakang lama setelah pengguna menutupnya. Solusi untuk ini adalah memblokir aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang. Untuk melakukannya, masuk ke pengaturan aplikasi tertentu dan pilih opsi penghemat baterai, lalu pilih opsi batasi aktivitas latar belakang.

Sebagian besar aplikasi dapat dengan aman dimasukkan ke dalam opsi ini selain aplikasi komunikasi dan musik.

5. Nonaktifkan autostart

Beberapa aplikasi akan otomatis mulai tanpa pengguna menggunakannya di latar belakang. Pengguna dapat menghentikannya dengan masuk ke pengaturan dan mencari autostart. Opsi ini akan memungkinkan pengguna untuk menghentikan aplikasi tersebut.

Ilustrasi mengisi daya baterai HP. [Unsplash/Onur Binay]Ilustrasi mengisi daya baterai HP. [Unsplash/Onur Binay]

6. Perbarui versi OS dan aplikasi sistem

Xiaomi akan memperbaiki masalah baterai melalui pembaruan, jadi sebaiknya pengguna selalu memperbarui ponsel. Aplikasi HyperOS bawaan juga dapat diperbarui dengan membuka pengaturan dan pembaruan aplikasi sistem.

7. Matikan layar secara otomatis

Atur waktu mati layar otomatis menjadi 15 atau 30 detik yang akan mengurangi waktu layar menyala dan meningkatkan daya baterai. Pengguna dapat mengubah opsi ini dengan membuka pengaturan dan mencari pengaturan layar kunci.

8. Nonaktifkan pemindaian WiFi

Android terus memindai WiFi di latar belakang meskipun WiFi dinonaktifkan yang dapat menguras daya baterai. Untuk menonaktifkannya, cari WiFi Scanning di pengaturan dan nonaktifkan.

9. Aktifkan mode gelap

Jika pengguna menggunakan layar berbasis AMOLED, mengaktifkan mode gelap akan memberi daya tahan baterai lebih lama karena AMOLED dapat mematikan lebih banyak piksel jika warnanya lebih hitam sehingga lebih menghemat daya baterai.

10. Kontrol pengaturan sinkronisasi aplikasi

Aplikasi akan menyinkronkan data secara berkala dan pengguna dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan atau menyesuaikan data apa yang harus disinkronkan oleh setiap aplikasi. Untuk mengubahnya, buka pengaturan, cari sinkronisasi di pengaturan, dan sesuaikan untuk setiap aplikasi.

Itulah beberapa tips yang dapat pengguna HP Xiaomi terapkan untuk menghemat penggunaan baterai HyperOS.

Editor: Denada S Putri

Tag:  #solusi #baterai #xiaomi #boros #cara #jitu #dari #hyperos

KOMENTAR