Hanya Bisa Dilihat, Ini Cara Bikin Dokumen Google Docs Tidak Bisa Diubah
Logo Google Docs. [ist]
16:00
30 Januari 2024

Hanya Bisa Dilihat, Ini Cara Bikin Dokumen Google Docs Tidak Bisa Diubah

Cari tahu bagaimana cara bikin dokumen Google Docs tidak bisa diubah namun tetap bisa dilihat oleh siapa saja. Ikuti panduan dan tutorial Google Docs berikut ini untuk mengatur dokumen Google Docs tidak bisa diubah.

Google Docs adalah salah satu program pengolah kata yang bisa digunakan untuk berbagi data secara real time. Data yang ada di Google Docs bisa diakses oleh siapa saja yang memiliki tautan.

Namun, terkadang ada orang yang tidak bertanggung jawab yang mengubah isi dokumen Google Docs milik Anda. Jika Anda ingin mencegah hal ini terjadi, Anda bisa membuat dokumen Google Docs tidak bisa diubah oleh orang lain.

Cara Bikin Dokumen Google Docs Tidak Bisa Diubah

Berikut adalah langkah-langkah bagaimana cara untuk membuat dokumen di Google Docs hanya bisa dilihat tidak bisa diubah isinya:

  1. Buka dokumen Google Docs yang ingin Anda bagikan.
  2. Klik menu "Bagikan" di pojok kanan atas.
  3. Pada bagian "Restricted", klik "Anyone with link".
  4. Klik fitur di pojok kanan dengan mode "Viewer".

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, dokumen Google Docs Anda hanya bisa dilihat oleh orang lain, tetapi tidak bisa diubah.

Jika Anda ingin mengizinkan orang lain untuk mengubah dokumen Google Docs Anda, Anda bisa mengubah akses dari "Viewer" menjadi "Publik".

Namun, perlu dicatat bahwa cara ini hanya dapat dilakukan jika menggunakan akun pribadi. Akun sekolah atau kantor tidak dapat melakukan transfer, mengundang, atau mengambil alih kepemilikan dokumen.

Selain itu, Anda juga dapat mengundang lebih dari satu orang sekaligus untuk mengakses dokumen Google Docs Anda. Untuk melakukannya, klik menu "Bagikan" dan masukkan alamat email orang-orang yang ingin Anda undang.

Demikianlah cara bikin dokumen Google Docs tidak bisa diubah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, dokumen Anda akan lebih aman. Manfaatkan baik-baik tutorial Google Docs di atas.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #hanya #bisa #dilihat #cara #bikin #dokumen #google #docs #tidak #bisa #diubah

KOMENTAR