Cara Mengubah Jam di Lock Screen HP Xiaomi, Buat Lebih Personal
Ilustrasi HP Xiaomi - Redmi K70e. (Weibo via Gizmochina)
14:16
30 Januari 2024

Cara Mengubah Jam di Lock Screen HP Xiaomi, Buat Lebih Personal

Berikut adalah cara mengubah jam di lock screen HP Xiaomi. Cara ini perlu diketahui untuk Anda yang tak suka tampilan jam yang itu-itu saja. 

Xiaomi menjadi salah satu merek ponsel pintar yang menawarkan tampilan antarmuka yang menarik dan kekinian. Pengguna Xiaomi memiliki kebebasan untuk mengubah tampilan jam sesuai dengan keinginan Anda. 

Salah satunya adalah mengubah jam di lock screen HP Xiaomi. Anda yang bosan dengan tampilan begitu-begitu saja, ternyata bisa dengan mudah mengubah desain jam di lock screen HP Xiaomi.

Salah satu metode untuk mengubah tampilan jam di layar kunci adalah melalui Pengaturan. Namun, metode ini hanya akan mengubah posisi jam tanpa mengubah tampilannya secara keseluruhan. Agar lebih jelas, ikuti langkah-langkah berikut.

Cara mengubah jam di lock screen HP Xiaomi melalui Pengaturan

  1. Buka aplikasi Pengaturan di HP Xiaomi Anda.
  2. Cari dan pilih menu "Tampilan Tetap dan Layar Kunci".
  3. Pada kolom Layar Kunci, pilih menu "Format Jam Layar Kunci" untuk mengatur tampilannya.
  4. Pilih format jam yang sesuai dengan preferensi Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan informasi seperti nama Anda di bawah jam. Pilih menu "Info Pemilik Layar Kunci"
  5. Masukkan informasi yang Anda inginkan dan tekan tombol "OK" untuk menyimpan perubahan.

Cara mengubah Tampilan Jam pada Layar Kunci Menggunakan Fitur AoD (Always-on Display)

Dengan menggunakan cara berikut ini, Anda bukan hanya bisa mengubah posisi jam namun mengubah desainnya secara keseluruhan di lock screen.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua HP Xiaomi memiliki fitur AoD. Ponsel Xiaomi yang menggunakan panel IPS biasanya tidak memiliki fitur ini.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di HP Xiaomi Anda.
  2. Cari dan pilih menu "Tampilan Tetap dan Layar Kunci".
  3. Untuk mengatur tampilan jam, pilih menu "Tampilan Tetap".
  4. Aktifkan fitur AoD dengan menekan tombol toggle "Tampilan Tetap". 
  5. Setelah diaktifkan, Anda dapat memilih tampilan jam yang ingin ditampilkan di layar kunci sesuai dengan preferensi Anda. 
  6. Anda juga dapat memilih antara tampilan jam analog atau digital, serta menambahkan latar belakang untuk membuatnya lebih menarik.
  7. Selain itu, pengguna Xiaomi juga dapat mengatur informasi lain yang akan ditampilkan bersama dengan jam, seperti informasi baterai, pemberitahuan masuk, dan mengubah warna tampilan agar terlihat lebih menarik. Setelah selesai mengatur, tekan tombol "Terapkan" untuk menerapkannya.

Cara Mengubah Jam di Lock Screen HP Xiaomi Menggunakan Aplikasi pihak ketiga

Anda juga bisa mengubah tampilan jam di lock screen Xiaomi dengan aplikasi dari pihak ketiga. Ada banyak aplikasi gratis yang tersedia di Google Play Store, salah satunya adalah Always On AMOLED

  1. Unduh dan pasang aplikasi Always On AMOLED pada HP Xiaomi Anda.
  2. Buka aplikasi tersebut dan pilih tampilan jam yang Anda inginkan, baik itu digital atau analog.
  3. Selain itu, Anda dapat mengatur informasi lain yang akan ditampilkan, seperti tanggal, latar belakang, cuaca, baterai, memo, atau tombol musik. Setelah selesai mengatur, keluar dari aplikasi dan matikan HP Xiaomi Anda untuk melihat perubahannya.

Selain aplikasi Always On AMOLED, Anda juga bisa menggunakan aplikasi bernama Lock Screen Clock Widget App dan sebagainya.

Itulah cara mengubah jam di lock screen HP Xiaomi yang mudah dan pasti berhasil. Selamat mencoba!

Kontributor : Damai Lestari

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #cara #mengubah #lock #screen #xiaomi #buat #lebih #personal

KOMENTAR