Interior Mobil Ternyata Bisa Jamuran, Ketahui Penyebabnya
Ilustrasi: Jamur pada interior mobil. (Rustpro)
20:00
8 Oktober 2024

Interior Mobil Ternyata Bisa Jamuran, Ketahui Penyebabnya

- Tak hanya bagian bodi dan kaca atau sisi eksterior, bagian dalam atau interior mobil juga rawan berjamur. Bagian interior mobil yang sering terserang jamur adalah kursi atau jok-nya, selain itu, dashboard yang berbahan soft touch juga bisa kena jamur.

Ada beberapa hal yang menyebabkan interior khususnya jok mobil mudah berjamur yang perlu Anda ketahui. Misalnya, penggunaan sarung jok yang tidak sesuai dapat menyebabkan kelembapan pada area jok yang ditutup. Kelembapan tersebut membuat material jok kekurangan sirkulasi udara sehingga mempercepat pertumbuhan jamur.

Ketika Anda jarang melakukan perawatan atau pembersihan pada interior mobil, maka debu dan kotoran akan menumpuk. Endapan kotoran tersebut dapat mempercepat pertumbuhan jamur pada interior mobil.

Apalagi kalau bekas hujan-hujanan, sepatu, sandal atau payung bekas kena air langsung masuk mobil, hal tersebut juga bisa memicu tumbuhnya jamur. Kebiasaan meletakkan botol minum dalam mobil juga bisa membuat interior jadi lembab, apalagi kalau sampai tumpah dan tidak diketahui, hal tersebut bisa menyebabkan munculnya jamur.

Diperparah dengan huruknya sirkulasi udara dalam mobil. Ketika ventilasi udara dalam mobil tertutup dalam jangka waktu yang cukup lama, maka sirkulasi udara dalam mobil akan memburuk. Hal tersebut memicu kelembapan sehingga mempercepat pertumbuhan jamur.

Penyebab datangnya jamur pada interior mobil yang tidak atau jarang diketahui pemilik mobil adalah adanya masalah pada sistem AC. Masalah pada sistem pendingin ini dapat membuat kondisi udara dalam mobil lembap sehingga pertumbuhan jamur pada jok mobil dan material soft touch lainnya pada interior mobil.

Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab interior mobil berjamur, seperti udara yang lembab, kelembapan, pori-pori di permukaan jok mobil, kotoran, sinar matahari, cuaca dingin, jamur, pencucian yang buruk, kurangnya pemeliharaan, dan bahan kimia.

Oleh karena itu, penting untuk memelihara jok mobil dengan benar agar tetap bersih dan bebas dari jamur. Jamur pada interior mobil menyebabkan bau tak sedap yang mengganggu kenyamanan berkendara.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #interior #mobil #ternyata #bisa #jamuran #ketahui #penyebabnya

KOMENTAR