Cara Menggunakan Folder Aman di Samsung
Ilustrasi HP Samsung. [Unsplash/Christian Wiediger]
11:56
29 Januari 2024

Cara Menggunakan Folder Aman di Samsung

Samsung Secure Folder adalah opsi keamanan kelas atas yang menjaga informasi sensitif tetap aman dari pengintaian, baik itu seseorang yang mencuri ponsel atau serangan jahat.

Folder Aman ini menggunakan platform keamanan Samsung Knox untuk mengenkripsi folder. Di dalam folder tersebut, pengguna dapat menyimpan hal-hal seperti video, gambar, aplikasi, dan data lain yang ingin pengguna jaga kerahasiaannya. Pengguna dapat menambahkan kode sandi atau kunci biometrik untuk menjaga keamanan konten.

Folder Aman juga dapat menjadi bentuk kontrol orang tua yang memiliki anak kecil. Orang tua dapat memberikan ponsel pintarnya kepada anak untuk bermain game sambil mencegah anak mengakses aplikasi tertentu atau secara tidak sengaja menghapus informasi penting.

Berikut ini cara mengakses Folder Aman di perangkat Samsung:

Tidak seperti aplikasi vault yang harus diunduh ke ponsel sebelum dapat menyembunyikan sesuatu, yang harus pengguna lakukan untuk mulai menggunakan Folder Aman adalah mengaktifkannya:

  • Pertama, buka aplikasi Settings.
  • Piih Lock screen and security atau Biometrics and security > Secure Folder.
  • Masuk ke akun Samsung dengan mengklik Agree, Sign in, atau Continue.
  • Pilih metode kunci yang ingin digunakan, lalu klik Next. Pilihannya meliputi Pola, PIN, dan kata sandi.
  • Atur metode kunci yang dipilih.
  • Setelah metode kunci diatur, pintasan ke Folder Aman muncul di Home screen dan layar aplikasi.
Sistem keamanan Samsung, Secure Folder. [Samsung Indonesia]Sistem keamanan Samsung, Secure Folder. [Samsung Indonesia]

Cara menggunakan Folder Aman Samsung

Untuk membuka Folder Aman, cukup ketuk pintasannya di Home screen atau Aplikasi. Pengguna akan segera dimintai metode autentikasi yang pengguna pilih saat menyiapkan folder.

Ketuk menu tiga titik di bagian atas folder untuk menemukan opsi Add files. Pengguna dapat memasukkan gambar, video, file audio, dokumen, dan lainnya ke dalam folder.

Secara default, pengguna akan melihat aplikasi seperti Gallery, Contacts, Calendar, My Files, Internet, dan Samsung Notes di Folder Aman.

Untuk menambahkan lebih banyak aplikasi, klik Add apss atau tanda tambah. Pengguna dapat menginstal aplikasi langsung ke folder ini atau menyalin aplikasi yang ada ke dalamnya. Aplikasi yang pengguna salin ke Folder Aman akan terpisah dari aplikasi yang sudah ada.

Itulah cara menggunakan Folder Aman di perangkat Samsung.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #menggunakan #folder #aman #samsung

KOMENTAR