Google Peringati Hari Ulang Tahun Aminah Cendrakasih dengan Coretan Doodle
Google Doodle spesial Hari Ulang Tahun artis legendaris Aminah Cendrakasih. (Google).
07:08
29 Januari 2024

Google Peringati Hari Ulang Tahun Aminah Cendrakasih dengan Coretan Doodle

- Jika Anda, para pengguna internet di Indonesia membuka laman pencarian Google, Anda akan menemukan sesuatu yang spesial. Seperti biasa, coretan Doodle menandai sebuah momentum spesial Google di Indonesia.    Kali ini, pada Senin (29/1), legenda layar kaca Tanah Air, Aminah Cendrakasih menjadi sampul pencarian Google dengan torehan Doodlenya. Mendiang Aminah Cendrakasih tampil penuh bunga di Goodle Doodle edisi hari ini.   Kenapa? Alasannya lantaran Aminah Cendrakasih lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada hari ini pada tahun 1938 lalu. Hari ini merupakan hari ulang tahun sang legenda.  

  Dalam penjelasan Doodlenya, Google menjelaskan secara singkat mengenai Aminah Cendrakasih. Ayah Aminah Cendrakasih adalah seorang komedian dan ibunya adalah seorang aktris.   Di masa remajanya, dia mengikuti jejak orang tuanya untuk berkarir di dunia hiburan. Pada tahun 1955, dia membuat penampilan debutnya di Oh, Ibuku. Pada tahun yang sama, ia berakting bersama ibunya sendiri di Gambang dari Semarang dan mendapatkan peran utama pertamanya dalam Ibu dan Putri.   Penampilan karismatiknya dalam Serampang 12, sebuah film tari populer yang berpusat pada kisah cinta dewasa, memikat penonton di seluruh Indonesia. Ketenarannya meroket setelahnya.    Selama beberapa dekade berikutnya, Aminah Cendrakasih mendapatkan lebih dari 100 peran dalam acara dan film terkenal seperti Taman Harapan. Sosoknya makin melesat dalam karakter Mak-Nyak di Si Doel Anak Sekolahan.  

  Penampilannya yang mengharukan memenangkan dua Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Indonesia.   "Selamat ulang tahun, Aminah Cendrakasih! Film dan acara Anda terus menyenangkan pemirsa di seluruh dunia," pungkas Google mengakhiri penjelasan Doodlenya.    Sebagai informasi, Aminah Cendrakasih, aktris yang dikenal sebagai Mak-Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan, meninggal dunia pada 21 Desember 2022 lalu sekitar pukul 20.00 WIB. Aktris senior itu meninggal di usia 84 tahun.   Aminah meninggal dunia setelah sempat berjuang melawan penyakit glaukoma hingga mengalami kehilangan penglihatan sejak 2007 silam. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #google #peringati #hari #ulang #tahun #aminah #cendrakasih #dengan #coretan #doodle

KOMENTAR